Makassar (ANTARA) - Tiga anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan masing-masing Arum Spink, Edy Manaf dan Andi Nirawati secara resmi mundur dari jabatannya karena ikut dalam kontestasi Pilkada Serentak 9 Desember 2020.

"Sudah, ketiga telah memasukkan surat pengunduran dirinya sejak mereka mendaftar diri di KPU masing-masing," ujar Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Sulsel, Muhammad Jabir di Makassar, Jumat.

Arum Spink asal Partai NasDem serta Edy Manaf dari Partai Amanat Nasional (PAN) keduanya akan bertarung di Pilkada Kabupaten Bulukumba sebagai bakal calon wakil bupati. Sedangkan Andi Nirawati dari Partai Gerindra ikut bertarung di Pilkada Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) maju menjadi bacalon bupati.

Kendati belum ada penetapan dari KPU masing-masing, namun Jabir mengatakan, surat pengunduran diri ketiganya sudah masuk dan selanjutnya akan diproses untuk pergantian antar waktu (PAW).

"Tentu akan diproses, tapi kan masih ada tahapan selanjutnya untuk penetapan bakal calon menjadi calon secara resmi dari KPU. Kami masih menunggu penetapan itu baru bisa diproses (PAW-nya)," tutur dia menjelaskan.

Tidak hanya itu, proses PAW tentu meminta hasil rapat dari fraksi partai masing-masing, sebab, ketiga anggota dewan ini dari partai yang berbeda sehingga masih akan berproses lebih lanjut siapa calon legislatif penggantinya.

"Kami tentu akan rapat bersama pimpinan dewan serta fraksi mereka, setelah itu baru ditentukan dalam waktu dekat ini," ucap Jabir.

Berdasarkan hasil perolehan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu, Arum Spink dari Partai NasDem yang bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) Lima yakni Kabupaten Bulukumba dan Sinjai memperoleh 16.342 suara. Diurutan kedua, Caleg Mizar Roem anak mantan Ketua DPRD Sulsel itu memperoleh suara 12.862 suara.

Selanjutnya, untuk Edy Manaf dari PAN, di Dapil lima (Bulukumba-Sinjai) pada Pileg lalu memperoleh sebanyak 14.479 suara, sedangkan di posisi kedua, ada Muhtar Badawing memperoleh 9.028 suara.

Adapun Andi Nirawati asal partai Gerindra, dari Dapil enam yakni Kabupaten Maros, Pangkep, Barru dan Parepare memperoleh sebanyak 18.114 suara, di urutan kedua ada Andi Hery Suhari Attas dengan perolehan 17.408 suara.

Ketiga Caleg tersebut di gadang-gadang menggantikan legislator tersebut, karena maju menjadi bacalon kepada daerah di kabupaten asal dapil mereka masing-masing.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024