Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan menyediakan lahan untuk beberapa kabupaten guna pengembangan produksi bawang merah di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Sulsel Andi Ardin Tjajo di Makassar, Selasa, mengatakan ada puluhan hektare lahan yang khusus diberikan kepada sejumlah daerah yang potensial pengembangan produksi bawang Sulsel diantaranya Kabupaten Barru, Kabupaten Bantaeng hingga Kabupaten Enrekang.

"Lahan khusus yang kita berikan sudah mereka olah dan bahkan telah dilakukan panen. Ini tentunya sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Untuk luas lahan pertanian yang diberikan Pemprov Sulsel, cukup beragam mulai dari 20 hingga 25 hektare yang diberikan kepada petani di Kabupaten Barru.

Mengenai pemilihan daerah penerima bantuan lahan, kata dia, karena kondisi geografis atau tempatnya yang cocok untuk penanaman bawang merah. Kondisi cuaca juga menjadi penentu demi keberhasilan mendongkrak produksi bawang Sulsel ke depan.

Bantuan lahan ini juga sebagai upaya Pemprov dalam merealisasikan target produksi bawang hingga 110.000 ton untuk seluruh wilayah di Sulsel.

Pemprov berharap dengan ketersediaan lahan membuat masyarakat atau para petani lebih serius untuk memaksimalkannya.

"Para petani sudah panen dan tentunya akan terus berproduksi," ujarnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024