Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di daerah itu menjadi pelengkap UMKM dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Sulsel Junaedi di Makassar, Senin, mengungkapkan ada fenomena jika BUMDes itu hadir untuk menjadi pesaing UMKM yang ada di desa.

"Itu yang coba kita minimalkan supaya UMKM dan Bumdes bergerak bersama untuk percepatan ekonomi," katanya.

Ia menjelaskan, Pemprov Sulsel berencana menggelar kompetisi antarBUMDes untuk melihat rencana bisnis masing-masing BUMDes. Ini sebagai upaya agar jangan sampai justru menjadi pesaing para pelaku UMKM yang sudah berjalan di desa.

"Jadi kita akan seleksi BUMDes (peserta kompetisi) untuk memastikan tidak boleh membuka usaha yang justru menjadi kompetitor usaha UMKM yang ada di desa," ujarnya.

Ia mengatakan, beberapa hal yang sering terjadi persaingan yakni jika BUMDes menjual pupuk dan itu yang ada pelakunya di desa.

Begitupun jika ada BUMDes menjual barang-barang campuran dan itu yang kita hindari. Sebab penting BUMDes hadir untuk memperkuat pelaku UMKM yang ada di desa.

"Kita akan diseleksi bersama pihak perbankan. Apalagi perbankan itu yang paling proporsional melihat jenis usaha karena mereka selama ini punya pengalaman," jelasnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024