Makassar (ANTARA News) - PT Sinar Reksa Kencana Ariandi akan membangun pabrik gula berkapasitas produksi 160 ribu ton per tahun di Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan Maret 2011.

Kita rencanakan membangun pabrik gula di Sulsle, mengingat Indonesia masih kekurangan gula. "Tahun ini kita hanya mampu produksi 2,4 juta ton dengan konsumsi 2,7 juta, sehingga kalau ada impor, itu sudah betul karena kita kekurangan," kata Komisaris Utama PT Perkebunan Nusantara III Achmad Mangga Barani yang mendampingi Direktur Utama PT Sinar Reksa Kencana Ariandi F. Ishak.

Keduanya, bersama Bupati Wajo Burhanuddin Unru menemui Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo untuk menjelaskan rencana pembangunan industri gula tersebut.

"Pabrik yang akan dibangun berkapasitas 6.000 ton perhari dengan nilai investasi Rp1,2 triliun dengan kebutuhan lahan 10 ribu hektare," jelas Achmad.

Menurutnya, warga sekitar akan dilibatkan pada industri yang diperkirakan akan menyerap 30 ribu tenaga kerja.

Jika pembangunannya bisa dilakukan Maret 2011, lanjutnya, diperkirakan pada 2013 industri gula tersebut sudah bisa berjalan.

Bupati Wajo Burhanuddin Unru mengatakan, gubernur minta lokasi lahan di empat kecamatan yang direncanakan menjadi kawasan industri tersebut di survei kembali.

Empat kecamatan tersebut adalah Takkalala, Bola, Pammana dan Majauleng yang dikatakan cocok untuk pengembangan tebu. "Di wilayah tersebut ada sejumlah lahan sawah yang tidak lagi produktif karena tiga atau empat tahun sekali baru bisa panen," katanya.

Investor tinggal menunjuk lokasi mana dari empat kecamatan tersebut yang paling cocok. "Itulah yang kita mau sosialisasikan pada masyarakat pada lahan tidak produktif, lebih baik digunakan industri dan dapat menyerap tenaga kerja,"katanya.  (T.KR-RY/S016)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024