Mamuju (ANTARA) - KPU Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat mengatakan debat publik pilkada Kabupaten Mamuju akan dilaksanakan dalam dua tahap.

Ketua KPU Mamuju Hamdan Dangkan di Mamuju, Selasa, mengatakan debat publik calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) pilkada Mamuju yang akan dilaksanakan pada 9 Desmber 2020 akan dilaksanakan dua tahap.

Ia mengatakan, tahap pertama akan dilaksanakan pada November tahun 2020, sedangkan tahap kedua akan digelar pada 2 Desember 2020.

Menurut dia, pilkada Kabupaten Mamuju terus mempersiapkan pelaksanaan debat publik tahap pertama.

"Salah satu bentuk persiapan tersebut adalah dengan secara intens melaksanakan pertemuan dengan penyelenggara teknis debat publik, serta media yang akan terlibat dalam pelaksanaan debat publik yakni TVRI dan RRI," katanya.

Hamdan mengatakan, pelaksanaan debat publik tahap pertama akan disiarkan secara langsung dan live streaming oleh TVRI dan juga RRI.

Menurut dia, langkah tersebut merupakan salah satu upaya KPU dalam penyebarluasan informasi pelaksanaan debat, utamanya di tengah serba dibatasinya akses publik untuk menyaksikan langsung jalannya debat publik pilkada Mamuju.

Ia juga mengatakan, untuk pelaksana teknisnya, akan melibatkan event organizer dari Jakarta yang akan mengerjakan itu berdasarkan proses lelang yang sebelumnya telah dilakukan.

Debat publik pelaksanaan Pilkada tahun 2020, akan mengangkat tema "Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan strategi pencegahan COVID-19," katanya.

Ia mengatakan, berdasarkan PKPU nomor 13 tahun 2020 Pasal 59, pelaksanaan debat publik hanya dapat dihadiri oleh pasangan calon, dua orang serta perwakilan Bawaslu provinsi atau Bawaslu Kabupatendan Kota.

Selain itu empat orang tim kampanye paslon, tujuh atau lima orang anggota KPU Provinsi, dan juga lima orang KPU Kabupaten Kota.

"Kami juga akan tetap melibatkan Satgas COVID-19 Kabupaten Mamuju pada pelaksanaan debat publik nantinya dengan menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024