Makassar (ANTARA) - Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melakukan asessmen re-akreditasi Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin berlangsung selama tiga hari sejak 30 Oktober hingga 1 November secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Tim Asesor LAM-PTKes yang melakukan visitasi re-akreditasi adalah Dr. Dra. Dewi Susanna, M.Kes (Universitas Indonesia) dan Dr. Mohammad Zen Rahfiludin, SKM., M.Kes (Universitas Diponegoro).

Dekan FKM Unhas Dr Aminuddin Syam, SKM M.Kes di Makassar, Minggu menyampaikan rekomendasi yang berikan oleh Tim Asesor akan dijadikan perhatian untuk pengembangan mutu dan kualitas akademik.

"Tim asesor kemudian merekomendasikan perlu dilakukannya pembukaan kelas internasional," katanya.

Selain itu, juga direkomendasikan untuk kerja sama penelitian dengan universitas luar negeri penerima hadiah Nobel atau 100 Top Ranking Dunia dan pertukaran mengajar dan mahasiswa serta visiting professor dengan melihat kualitas SDM PSD-IKM yang mumpuni.

Aminuddin Syam mengemukakan tim asesor menilai sarana dan prasarana melalui live report dan melakukan penilaian dokumen serta menyampaikan saran dan masukan terhadap kelengkapan dokumen re-akreditasi yang kemudian diberikan umpan balik oleh Tim Task Force.

Pada proses assesmen dilakukan pengenalan profil Fakultas Kesehatan Masyarakat secara umum yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat secara khusus yang disampaikan oleh Ketua Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Usai pengenalan dilanjutkan dengan wawancara secara panel kepada Dosen, Mahasiswa, Alumni, Tenaga Kependidikan dan Stakeholder.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menyampaikan bahwa FKM merupakan salah satu fakultas yang berkontribusi besar terhadap peningakatan publikasi Unhas dan berharap visitasi re-akreditasi PSD-IKM ini berjalan dengan baik dan memeroleh hasil dengan predikat unggul.

Turut hadir Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas (Dr. Aminuddin Syam, SKM., M.Kes., M.Med. Ed.) beserta jajarannya, Ketua Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat (Prof. Dr. Ridwan Amiruddin, SKM., M.Kes), para Guru Besar FKM Unhas, Dosen, Tenaga Kependidikan, Tim Taks Force serta Mahasiswa S3 FKM Unhas.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024