Jayapura (ANTARA Sulsel) - Kolonel Pnb. Suwandi Mihardja, MD dilantik menjadi Komandan Lanud (Danlanud) Jayapura menggantikan Kolonel Pnb. Dedy Permadi, MMDS.

Pelantikan dilaksanakan di Base Operasional Lanud Jayapura, Jumat, selaku inspektur upacara adalah Panglima Komando Operasional Angkatan Udara (Pangkoopsau II), Marsekal Muda TNI Yushan Sayuti.

Dalam sambutannya, Yushan mengatakan, serah terima jabatan, khususnya di Koopsau II merupakan bagian dari tour of area dan tour of duty yang sekaligus menjadi ajang pembinaan karier yang lebih tinggi bagi pejabat bersangkutan.

Ia menegaskan, mengkondisikan pangkalan udara yang senantiasa siap operasional merupakan tugas setiap personel di pangkalan TNI AU. Setiap ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan sekecil apapun harus dicegah serta ditangkal sedini mungkin.

"Untuk hal tersebut, komandan dan seluruh prajurit yang ada di pangkalan udara harus berada pada barisan terdepan," ujar Yushan.

Lebih lanjut ia mengatakan, Lanud Jayapura yang berada di wilayah timur Papua, memiliki peran strategis. Posisinya berbatasan langsung dengan negara tetangga menuntut Lanud Jayapura senantiasa dalam kondisi siap operasional.

Kondisi sosial budaya masyarakatnya yang mempunyai karakteristik khas, merupakan potensi yang perlu terus digali dan dikembangkan dalam rangka membangun dan memajukan wilayah Papua.

Sementara itu, khusus untuk operasi dukungan udara yang dilaksanakan pesawat C-130 Hercules TNI AU di wilayah Papua, Yushan menandaskan agar dalam pelaksanaannya lebih mengutamakan kepentingan pemerintah daerah dan masyarakat di Papua.

"Kondisi alam Papua yang unik, menjadikan pesawat satu-satunya sarana transportasi terpenting dalam mendukung berbagai aktivitas kegiatan masyarakat," katanya.

Namun demikian, ia menegaskan, TNI tetap netral dalam menghadapi Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2009 sehingga tidak akan melibatkan fasilitas negara atau dinas untuk kegiatan politik praktis pemilu.
(T.PK-LWA/M015)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024