Makassar (ANTARA) - PT Pelindo IV mendorong pelabuhan kelolaannya menjadi pelabuhan sehat, sejalan dengan upaya meningkatkan penerapan protokol kesehatan pada masa pandemi COVID-19.

Hal itu dikemukakan Corporate Secretary PT Pelindo IV, Dwi Rahmad Toto di Makassar, Rabu.

Ada dua pelabuhan kelolaan PT Pelindo IV yang berhasil meraih penghargaan sebagai pelabuhan sehat yakni Pelabuhan Makassar dan Pelabuhan Semayang di Balikpapan.

Predikat itu, lanjut dia, diperoleh dari Kementerian Kesehatan pada saat peringatan Hari Kesehatan Nasional 2020 ke-56.

“Pelabuhan Makassar dan Pelabuhan Semayang telah meraih penghargaan sebagai Pelabuhan Sehat Tahun 2020. Semoga penghargaan ini menjadi pemicu pelabuhan lainnya di lingkup Pelindo IV untuk meraih predikat yang sama," kata Toto.

Dia mengatakan, untuk mendapatkan penghargaan kategori Pelabuhan Sehat Tahun 2020, masing-masing peserta lomba harus dapat mengumpulkan nilai minimal 7.000 dari nilai tertinggi 10.000 sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 44 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Bandar Udara dan Pelabuhan Sehat.

Selain mengedepankan protokol kesehatan dalam memberikan pelayanan pada konsumen, lanjut Toto, PT Pelabuhan IV dengan pelabuhan kelolaannya juga turut membantu warga terdampak COVID-19 dengan memberikan sembako, dan juga memberikan APD pada petugas medis yang menangani pasien COVID-19.

Dengan demikian bantuan dan layanan terkait sekrtor kesehatan sudah dilakukan pihaknya sejak awal terjadinya pandemi di Kota Makassar dan sekitarnya pada
Maret 2020. Siuasana pemberian bina lingkungan pada dampingan pelabuhan kelolan PT Pelindo IV. ANTARA Foto/HO/Humas Pelindo IV
 

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024