Makassar (ANTARA) - Pasangan calon petahana Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo-Abdul Rauf Mallagani Kr Kio (Adnan-Kio) mengucapkan rasa syukur atas terpilihnya kembali menjadi kepala daerah, setelah melihat hasil hitungan cepat versi hitung cepat lembaga survei Lingkar Suara Indonesia (LSI) Denny JA.

"Saya bersyukur karena semua ini berkah Allah SWT untuk bisa terpilih kembali. Dan ini salah satu kesyukuran kami," ujar Adnan usai menyaksikan hitung cepat hasil perolehan suara LSI Denny JA di Makassar, Rabu.

Hasil dari hitungan cepat versi lembaga survei tersebut yang dilansir mendapat perolehan suara 90,91 persen, sedangkan kolom kosong dengan perolehan 9,09 persen dengan jumlah partisipasi pemilih 77,45 persen.

Menurut dia, pilkada merupakan ajang evaluasi kepala daerah. Adnan menjelaskan pilkada sebagai bahan evaluasi, karena di situ berlaku "reward" atau penghargaan dan "punishmen" atau hukuman yang diberikan rakyat kepada calon tersebut.

"Kalau selama ini petahana masuk kategori berkinerja baik tentu akan diberikan 'reward' kepada masyarakat. Tapi, kalau petahana dianggap tidak mampu bekerja dengan baik, maka tentu mereka memberikan 'punishmenya' pada saat pilkada," paparnya.

Sehingga, ungkapnya, ada juga beberapa petahana kalah dalam pilkada karena diberikan hukuman oleh rakyat. Dengan hasil ini, ia bersama pasangannya selain bersyukur kepada Allah SWT, juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat Gowa memberikan kepercayaan kepadanya untuk kembali memimpin Kabupaten Gowa.

"Kami tidak pernah menyangka bahwa bisa mendapatkan presentasi yang besar ini. Alhamdulilah, ini cukup tinggi. Namun demikian menjadi salah satu beban kami, karena tentu ekspektasi masyarakat kepada kami berbuat cukup tinggi," katanya.

"Insya Allah, kami harus membayar kepercayaan masyarakat dengan meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi dari priode sebelumnya," tambah Adnan.

  Calon Bupati petanaha Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo memeluk istinya disaksikan ibunya beserta keluarga dan kerabat usai melihat hasil hitungan cepat lembaga survei LSI Denny JA, di hotel Mercure, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (9/12/2020). ANTARA/Darwin Fatir.


Tidak hanya itu, pihaknya berterima kasih seluruh pendukung, simpatisan, relawan dan tim sukses dimanapun berada atas kerja keras sehingga pasangan Adnan-Kio bisa terpilih kembali dengan capaian perolehan suara yang signifikan dan berhasil memecahkan rekor perolehan suara terbanyak di Sulsel.

Bahkan ini merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dan dari kerja-kerja tim pemenangan bisa menghasilkan hasil yang cukup memuaskan mencapai 90,91 persen.

"Kita tetap masih menunggu data dan hasil resmi dari KPU. Tapi dari pengalaman hitung cepat hasilnya tidak lebih dari satu persen, kami yakin itu," paparnya.

Adnan pun mengenang disaat ayahnya Ichsan Yasin Limpo (almarhum) kala itu menyaksikan kemenangan pada kontestasi Pilkada Gowa 2014-2019 kala itu, namun kini dia merasa sedih karena ada yang kurang saat kemenangan itu diraihnya.

"Saya bersedih, mungkin Allah SWT memperlihatkan kepada ayah saya atas kemenangan ini," ucap Adnan terharu sembari meneteskan air mata.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024