Makassar (ANTARA) - Delegasi tim Unhas yang memanfaatkan tanaman beracun Jatropha Gossypifolia L sebagai solusi menghilangkan sariawan secara alami, diganjar medali perunggu dalam ajang Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) ke-33 tahun 2020. 

Inovasi yang dihasilkan oleh tim Unhas ini diberi nama J-GAS, sesuai nama tanaman yang digunakan.

Ketua Tim Unhas Husna Quila Qariska di Makassar, Kamis, menjelaskan
inovasi ini dapat memberikan solusi kekinian menghilangkan sariawan yang tidak perih ketika digunakan, sekaligus bermanfaat sebagai obat sakit gigi.

"Tentu kami berharap J-GAS  sebagai produk obat sariawan herbal bukan hanya sampai rencana produk yang diperlombakan, namun dapat diproduksi dan mendapatkan izin BPOM, HAKI serta Halal sehingga dikenal masyarakat luas sebagai produk lokal dengan banyak manfaat," urainya.

Dalam persiapan lomba, Husna menyebutkan tantangan dan hambatan tentu ada.

Selain pelaksanaan yang menggunakan metode berbeda dari sebelumnya, terdapat pula beberapa hambatan teknis yang akhirnya dapat teratasi berkat komunikasi dan kerjasama yang baik dengan tim, dosen pembimbing dan pihak lain yang terlibat.

Husna berharap kedepan semakin banyak mahasiswa Unhas yang mengikuti kompetisi Pimnas tersebut sebagai bentuk dari keterlibatan aktif mahasiswa dalam mendorong dan mendukung peningkatan kualitas Unhas lebih baik masa mendatang. 

Pimnas yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional dengan Universitas Gadja Mada sebagai tuan rumah ini, berlangsung pada 24-29 November secara daring.
 

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024