Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat mengalokasikan anggaran Rp3 miliar untuk membangun sekolah swasta SMK Soeparman di Desa Tumpiling, Kecamatan Wonomlyo kabupaten Polewali Mandar (Polman).

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar di Mamuju, Sabtu, mengatakan pemerintah Sulbar telah mengalokasikan dana alokasi khusus (DAK) untuk pembangunan SMK Soeparman di Polman sebesar Rp3 miliar.

Ia mengatakan bantuan anggaran pendidikan yang diberikan tersebut akan digunakan membangun sejumlah fasilitas dan sarana di SMK tersebut.

Diantaranya, untuk pembangunan Ruang Praktek Siswa (RPS) serta untuk pengadaan alat uji mesin kendaraan motor (Emaro Starting System Test Kit) sebagai sarana praktek Jurusan Teknik Otomotif pada SMK tersebut.

Gubernur Ali Baal Masdar mengatakan SMK Soeparman memiliki potensi untuk dikembangkan untuk melahirkan generasi yang menguasai bidang teknik sehingga pemerintah memberikan perhatian agar sekolah tersebut terus dibina dan dikembangkan.

Ia berharap, bantuan DAK yang telah dimanfaatkan dan digunakan dengan baik untuk kemajuan pendidikan di sekolah itu.

"Pihak sekolah harus mampu mensosialisasikan ke masyarakat bahwa SMK Soeparman memiliki alat canggih yang bisa dikembangkan, utamanya untuk mendeteksi kendaraan, sehingga masyarakat memiliki animo belajar di situ," katanya.

Kepala Sekolah SMK Soeparman, Sukwanto, menyampaikan, terima kasih atas adanya bantuan Pemprov Sulbar, karena dengan adanya peralatan tersebut menjadikan siswa berkompeten dan dapat bersaing dengan sekolah yang lebih maju.

"Banyak ruangan yang rusak sehingga kami masih membutuhkan bantuan untuk tambahan ruangan, salah satunya ruang kelas teknik bangunan yang dibutuhkan 200 siswa," ujarnya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024