Makassar (ANTARA) - Dari 12 kabupaten kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak, 9 Desember 2020, di Provinsi Sulawesi Selatan, enam daerah diantaranya terpantau di situs KPU RI telah merampungkan rekapitulasi suara bersumber dari entri data Sirekap.

"Iya, datanya sudah masuk enam daerah. Rekapitulasi suara itu menggunakan Sirekap,  ada lima kabupaten dan satu kota yang sudah selesai," ujar Komisioner KPU Sulsel, Asram Jaya saat dihubungi, Selasa malam.

Untuk rekap manual pada 12 kabupaten kota, kata dia, rekapitulasi pada tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPK) telah diselesaikan pada tingkat kecamatan. Hingga hari ini, rekapitulasi sudah berlangsung pada tingkat KPU masing-masing daerah. 

Data Sirekap yang masuk 100 persen disitus KPU RI pada laman www.pilkada2020.go.id, yakni di Kabupaten Bulukumba, Gowa, Luwu Timur, Soppeng, Barru dan Kota Makassar, selebihnya masih diatas 80 persen. Data tersebut bisa diakses publik untuk mengetahui perkembangannya.

"Enam daerah yang telah selesai dengan menggunakan data Sirekap. Hasil yg tampil pada info Pemilu sampai sejauh ini tidak ada perbedaan," beber mantan Ketua lembaga FIK Ornop Sulsel ini.

Kendati demikian, data disitus KPU RI tersebut bukan menjadi putusan akhir, sebab, yang mengumumkan hasil perolehan suara sekaligus menetapkan kandidat terpilih adalah masing-masing KPU kabupaten dan kota setempat.

Hasil pantauan melalui situs www.pilkada2020.KPU.go.id, yang sudah masuk 100 persen yakni Kabupaten Bulukumba. Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut empat, Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edi Manaf unggul memperoleh presentase 39,2 persen. Disusul pasangan nomor urut dua Askar HL-Arum Spink 28,6 persen. Pasangan nomor urut tiga Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau 26,9 persen. Diposisi buncit pasangan nomor urut satu, Andi Hamzah Pangki-Andi Murniyati, memperoleh 5,3 persen.

Selanjutnya, Kabupaten Gowa, pasangan petahana Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo-Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio (Adnan-Kio) memperoleh suara mayoritas pemilih mencapai 91,1 persen. Sedangkan kolom kosong hanya 8,9 persen, dari jumlah 830 TPS dengan total perolehan 337.245 ribu suara

Di Kabupaten Soppeng, dimana petahana juga melawan kolom kosong, pasangan HA Kaswadi Razak-Lutfi Halide, memperoleh mayoritas suara 86,3 persen dan untuk kolom kosong 13,7 persen dari jumlah 449 TPS dengan perolehan sebanyak 114.030 ribu suara.

Di Kabupaten Barru, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut dua Suardi Saleh-Aska M memperoleh suara terbanyak dengan presentase 46,2 persen. Disusul pasangan Malkan Amin (almarhum) Andi Salahuddin Rum nomor urut tiga sebesar 34,1 persen. Sementara pasangan nomor urut satu Mudassir Hasri Gani-Aksa Kasim memperoleh 19,8 persen, dengan sebaran 449 TPS.

Kabupaten Luwu Timur, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati petahana nomor urut satu, unggul dengan presentase perolehan suara 52,8 persen, sementara rivalnya, nomor urut dua, Irwan Bachri Syam- Andi Muhammad Rio Pattiwiri memperoleh 47,2 persen dengan sebaran 538 TPS.

Sementara di Kota Makassar, pasangan Calon Wali Kota Makassar, nomor urut satu Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi Rusdi Masse, unggul dengan presentase perolehan suara 41,3 persen. Disusul pasangan nomor urut dua, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando memperoleh 34,7 persen. Pasangan nomor urut tiga Syamsu Rizal-Fadli Ananda memperoleh 19,0 persen dan pasangan nomor urut empat, Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin NH sebesar 4,9 persen.

 

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024