Makassar (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengimbau agar para kepala daerah kabupaten/kota di Sulsel turut melakukan program karantina terpusat penanganan dengan membentuk duta wisata COVID-19 di daerah masing-masing.

Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Jumat, mengatakan itu merespon peningkatan kasus COVID-19 di daerah tersebut dalam beberapa hari terakhir ini.

"Kami mengimbau kepada Kepala Daerah Kabupaten/Kota untuk membentuk di wilayahnya tempat isolasi hotel dengan program duta wisata COVID-19 daerah," katanya.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menambah lokasi untuk program Duta Wisata COVID-19 menjadi sembilan hotel di Makassar.

Ia menjelaskan, kata, pemerintah kabupaten/kota lebih maksimal dalam penanganan pasien COVID-19 di daerah jika memiliki pusat isolasi. Apalagi positif COVID-19 mengalami kenaikan.

"Duta wisata COVID-19 daerah di hotel kabupaten/kota adalah untuk menjadi pendukung program Wisata Duta COVID-19 Pemprov Sulsel. Harap disediakan lebih maksimal karena peningkatan eskalasi serta penyebaran COVID-19 ini," jelasnya.

Ia menyebutkan, salah satu daerah yang telah melakukan program ini yakni Duta Wisata COVID-19 Kota Palopo. Wisata COVID-19 di Palopo sendiri dipusatkan di Hotel Kamanre.

Dirinya pun meminta penerapan protokol kesehatan di masyarakat diperketat. Terlebih kondisi di musim penghujan.

"Mari perketat kembali protokoler kesehatan, jaga kebugaran tubuh serta asupan gizi untuk imun,” ujarnya.

Melalui data yang diunggah instagram @dutacovidsulsel per tanggal 16 Desember 2020, terdapat 499 yang tengah dirawat melalui program Wisata COVID-19. Mereka terdiri dari pasien positif, kontak erat dan suspek.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024