Mamuju (ANTARA) - Peran ibu dinilai sangat penting dalam mendukung dan mensukseskan lima agenda pembangunan yang menjadi visi dan misi pemerintah di Sulbar.

"Melalui peringatan hari Ibu tahun ini, diharapkan kaum perempuan meneguhkan tekad dan komitmen untuk meningkatkan perannya dalam mensukseskan pembangunan di provinsi Sulbar," kata Sekda Sulbar, Muhammad Idris DP di Mamuju, Rabu.

Peran ibu dinilai penting dalam upaya pencapaian lima agenda prioritas pembangunan di Sulbar, yakni pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, kemudian peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan.

"Peningkatan peran ibu atau keluarga dalam pendidikan dan pengasuhan anak akan menurunkan kekerasan terhadap perempuan dan anak, penurunan kasus pekerja anak dan pencegahan perkawinan anak, yang menjadi visi dan misi pemerintah Sulbar," katanya..

Menurut dia, secara umum peran dan kiprah kaum perempuan semakin menampakkan kemajuan pada berbagai aspek kehidupan baik di bidang politik sosial ekonomi dan budaya.

"Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah demi terciptanya kesetaraan gender sehingga kaum perempuan memiliki akses partisipasi kontrol dan manfaat yang sama dengan laki-laki, dalam mensukseskan pembangunan," katanya.

Sementara itu anggota komisi X DPR-RI dari Sulbar, Andi Ruskati Ali Baal mengatakan kaum Ibu juga memiliki peranan yang sangat penting dan menentukan dan menciptakan generasi yang tangguh.

"Ibu juga mitra pemerintah dalam membangun keluarga yang berkualitas," katanya.

Ia mengajak kaum perempuan mengenang semangat para perempuan yang turut berjuang menentang penjajah seperti yang dilakukan pahlawan perempuan asal Sulbar Andi Depu, untuk mendukung suksesnya pembangunan Sulbar.*

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024