Makassar (ANTARA) - Menjelang Natal dan tahun baru, harga telur ayam ras naik rata-rata Rp3.000 per rak, sedang harga cabai naik Rp14.000 per kilogram dan bawang merah naik Rp5.000 ribu/kg dari harga sebelumnya atau awal Desember 2020.

Hal itu dikemukakan salah seorang pedagang Pasar Terong, H Mantasia di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, harga telur ayam rasa kini dijual Rp48 ribu per rak naik Rp3.000 dari harga sebelumnya yang hanya Rp45 ribu per rak. Sedang cabai merah semula dijual Rp16 ribu per kg, kini dijual Rp30 ribu per kg.

Sementara itu, pedagang di Pasar Pannampu, H Saleh mengatakan, harga bawang merah naik menjadi Rp35 ribu dari harga sebelumnya Rp30 ribu per kg. Diikuti kenaikan harga bawang putih Rp27 ribu per kg dari harga sebelumnya Rp22 ribu per kg.

Menanggapi kenaikan sejumlah kebutuhan rumah tangga dan bahan pangan itu, Direktur Operasional PD Pasar Makassar, Saharuddin Ridwan mengatakan, kenaikan harga tersebut telah terjadi beberapa hari terakhir.

"Hal itu dipicu oleh pasokan yang menipis di musim hujan, khususnya pasokan dari sentra produksi seperti Kabupaten Enrekang, Kabupaten Gowa dan Bantaeng," katanya.

Dari sejumlah komoditas pangan itu, lanjut dia, harga cabai diprediksi akan terus bergerak naik seiring meningkatnya permintaan jelang pergantian tahun.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Makassar, Sri Sulsilawati mengatakan, harga kebutuhan pokok berfluktuatif jelang Natal dan tahun baru. Kondisi ini sudah setiap tahunnya terjadi menjelang peringatan hari keagamaan.

"Kondisi itu akan berangsur-angsur kembali normal setelah perayaan hari keagamaan," katanya. Harga cabai dan kebutuhan pokok lainnya mengalami kenaikan di Pasar Terong dan pasar tradisional lainnya di Makassar saat menjelang Natal dan Tahun Baru, Kamis (24/12/2020). ANTARA Foto /

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024