Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) hingga 5 Januari 2021 sudah menyelesaikan sekitar 63,75 persen capaian pembangunan Makassar New Port (MNP) tahap lanjutan 2019-2022.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi di Makassar, Kamis, mengatakan, kemajuan ini telah sesuai jadwal yang telah ditentukan agar pembangunan infrastruktur pelabuhan ini selesai sekitar akhir 2022.

Menurut dia, perseroan terus berupaya untuk mempercepat proses pembangunan agar bisa kelar sesuai dengan target yang ditetapkan, meski saat ini terjadi pandemi COVID-19.

“Untuk tahap 1 A sudah rampung dan beroperasi sejak awal November 2018. Kemudian dikebut lagi Tahap 1 B dan 1 C,” terangnya.

Sementara itu, Senior Manager Fasilitas Pelabuhan PT Pelindo IV, Arwin menambahkan kegiatan pembetonan telah dilakukan pada pembangunan MNP tahap lanjutan 2019-2022.

"Hingga 5 Januari 2021 telah dilakukan penyelesaian bore pile dan secant pile, produksi beton precast dan instal beton precast," katanya.

PT Pelindo IV membangun MNP Tahap 1 B dan 1 C dengan menggelontorkan investasi sebesar Rp2,8 triliun. Kehadiran mega proyek ini untuk mengintegrasikan pelabuhan hub khususnya di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

"Tahap I B dan Tahap I pembangunannya kini sedang berjalan masing-masing memiliki panjang dermaga 330 meter dan 350 meter," katanya.

Sedangkan dermaga sisi selatan Tahap I C yang saat ini dibangun bersamaan memiliki panjang 600 meter, sehingga total kapasitas Tahap I diperkirakan mencapai 2,4 juta sampai dengan 2,6 juta TEUs per tahun. Suasana aktivitas di Makassar New Port (MNP) yang progressnya mencapai 63 persen lebih. ANTARA/Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024