Makassar (ANTARA) - Calon Anggota Legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) Daerah Pemilihan 5 (Bulukumba, Sinjai), Muchtar Badawing akhirnya dilantik menjadi anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan melalui proses Pergantian Antar Waktu (PAW). 

"Bapak Muchtar Badewing bukanlah orang baru. Tapi pernah menjadi anggota dewan pada priode 2014-2019 di DPRD Sulsel, " papar Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari saat proses pelantikan di kantor dewan setempat, Makassar, Rabu. 

Muchtar mengantikan Andi Edy Manaf yang telah mengundurkan diri karena maju calon kepala daerah, sebagai Wakil Bupati berpasangan Andi Muctar Ali Yusuf calon Bupati terpilih di Pilkada Kabupaten Bulukumba, pada 9 Desember 2020.

Dia juga tercatat dua kali menggantikan Andi Edy Manaf sebagai anggota legislatif. Sebelumnya, Edy Manaf pernah maju sebagai calon Wakil Bupati Bulukumba berpasangan Andi Masykur Sultan sebagai Bupati pada Pilkada 2015 lalu, namun kalah dalam pertarungan kala itu. 

"Beliau punya pengalaman, dan tidak asing lagi bagi kita. Ia sudah mengetahui tugasnya sebagai anggota dewan dan tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi menyesuaikan dengan tugas-tugasnya, " tutur Andi Ina, Politisi dari Fraksi Golkar itu. 

Sedangkan untuk posisi penempatan dalam melaksanakan tugas-tugasnya, sesuai dengan surat dari Fraksi PAN yang bersangkutan, akan menempati Komisi D membidangi Pembangunan serta anggota Badan Musyawarah. 

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, pada kesempatan itu menyampaikan, pelaksanaan pelantikan PAW sudah dilaksanakan sebanyak dua kali. Pertama Andi Mizar Roem mengantikan Arum Spink dari Fraksi Nasdem, karena maju sebagai calon kepala daerah di Bulukumba. 

"Pelantikan ini merupakan awal bagi saudara melaksanakan tugas sebagai wakil rakyat. Kami berharap agar saudara dapat melaksanakan tugas dengan baik dan benar," katanya. 

"Berperan secara aktif dan konstruktif bermitra dengan jajaran eksekutif dalam penyelenggaraan fungsi pemerintahan agar tercapainya kesejahteraan masyarakat di Sulsel," ucap Sudirman. 

Tercatat ada empat anggota DPRD Sulsel yang di PAW, tiga diantaranya maju sebagai calon kepala daerah seperti Edy Manaf (PAN) dan Arum Spink (Nasdem)di Kabupaten Bulukumba dan Andi Nirawati (Gerindra) di Kabupaten Pangkep. Sementara satu legislator lainnya, Ince Langke (Golkar) meninggal dunia disela-sela rapat di kantornya pada 8 September 2020.

 

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024