Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara ikut mendistribusikan bantuan natura untuk warga Sulawesi Barat pascagempa yang melanda wilayah tersebut beberapa hari lalu.

"Kita juga ikut mengirimkan relawan taruna siaga bencana dari Dinas Sosial dan BPBD," sebut Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw di Manado, Senin.

Bantuan yang akan didistribusikan untuk masyarakat Sulbar di antaranya beras, mie instan, minyak goreng, ikan kaleng, makanan anak, peralatan makan, peralatan dapur, perlengkapan bayi dan anak dan bantuan lainnya.

Bantuan dalam bentuk natura tersebut, kata Wagub, sudah dikirimkan melalui jalur laut menggunakan kapal Bakamla.

"Di samping itu ada juga bantuan uang tunai sebesar Rp1 miliar dari pak Gubernur Olly Dondokambey untuk Pemerintah Provinsi Sulbar,” katanya.

Kandouw menambahkan Pemprov Sulut juga siap menyalurkan bantuan untuk korban bencana banjir dan tanah longsor pascahujan deras dan angin kencang yang melanda Sulut.

“Untuk Sulut juga. Terima kasih kita sudah siap jika diperlukan. Masa orang yang jauh kita bantu, orang dekat nyanda (tidak). Tetap itu diperhatikan,” ujarnya.

Pemprov Sulut melalui tim BPBD dan Dinas Sosial mulai Sabtu pekan lalu telah mendistribusikan bantuan berupa makanan siap saji, beras, mie instan, minyak goreng, ikan kaleng, makanan anak, peralatan makan, peralatan dapur, perlengkapan bayi dan anak ke beberapa lokasi terdampak bencana di Manado di antaranya Kelurahan Karame, Perkamil, Dendengan Dalam, Malalayang Satu Barat, Tiwungen Selatan dan wilayah lainnya.

Selain itu, bantuan lainnya yang berasal dari seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemprov Sulut, BUMN dan perusahaan swasta terus diterima oleh petugas di Kantor BPBD Sulut sebelum disalurkan langsung ke warga terdampak bencana di Sulut.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024