Makassar (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan mencatat sebanyak 1.788 orang tenaga kesehatan telah disuntik vaksin COVID-19 sejak 14 hingga 26 Januari 2021.

Pelaksanaan vaksinasi di Sulsel baru dilakukan di tiga kabupaten/kota yakni Kota Makassar, Kabupaten Gowa dan Maros. Dengan demikian persentase vaksinasi di tiga wilayah ini yakni 9,78 persen atau 3,17 persen untuk tingkat Sulsel.

"Setelah Makassar, Maros, dan Gowa. Hari ini kita distribusikan lagi vaksinnya ke kabupaten lain," kata Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr Ichsan Mustari di Makassar, Rabu.

Adapun status vaksinasi di Sulsel terdiri dari tenaga kesehatan yang telah menerima vaksin di masing-masing daerah yakni 1.373 orang di Kota Makassar, 216 orang di Kabupaten Gowa dan 199 orang di Maros. Selain itu, total nakes yang masih dalam observasi atau menunggu sebanyak 123 orang, sedangkan nakes yang batas menerima vaksin 288 orang.

Para nakes yang batal menerima vaksin tersebut diartikan tidak memenuhi salah satu syarat atau lebih dari 16 persyaratan vaksinasi.

Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK 02.02/4/1/2021 tentang Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19, tidak semua orang dapat divaksin.

Petunjuk teknis ini menjelaskan terdapat 15 kondisi orang yang tidak bisa divaksin, dan pada format skrining khusus untuk vaksin Sinovac terdapat 16 pertanyaan yang mesti dijawab oleh calon penerima vaksin berdasarkan rekomendasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) tersebut.

"Jika salah satu dari syarat itu tidak memenuhi, secara otomatis mereka tidak bisa divaksin," kata dr Ichsan.

Pada status registrasi ulang vaksinasi COVID-19, data Dinkes Sulsel menunjukkan 17.545 orang telah menyatakan bersedia dari total 18.279 sasaran nakes di tiga kabupaten Sulsel.

Sementara yang halangan setelah melalui hasil screening awal pada aplikasi yakni 482 orang. Sehingga total nakes yang telah melakukan registrasi ulang untuk vaksinasi COVID-19 mencapai 18.027 dan tersisa 252 nakes belum registrasi ulang.

Secara keseluruhan, Pemprov Sulsel menargetkan total sasaran nakes yang harus disuntik vaksin COVID-19 di Sulsel sebanyak 57.705 orang. Pelaksanaan vaksinasi ini ditargetkan selesai hingga akhir Maret 2021.


Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024