Makassar (ANTARA) - Polsek Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, secara rutin melaksanakan operasi cipta kondisi khususnya saat memasuki bulan suci Ramadhan 1422 Hijiriah demi menjamin keamanan masyarakat khususnya umat Islam dalam melaksanakan ibadahnya.

Kapolsek Tamalanrea Kompol Muhammad Aris di Makassar, Kamis, mengatakan operasi cipta kondisi pada bulan Ramadhan ini lebih ditingkatkan demi menjamin kenyamanan masyarakat dalam menjalankan ibadah puasanya.

"Tujuan operasi cipta kondisi agar masyarakat bisa tenang dan aman dalam beraktivitas. Di bulan Ramadhan ini, kami lebih tingkatkan agar tidak ada gangguan-gangguan saat yang lainnya beribadah," ujarnya.

Dia menyebut beberapa sasaran dari operasi cipta kondisi yakni memantau aktivitas para remaja yang melakukan balap liar, juga merazia beberapa tempat penjualan minuman keras serta lainnya.

Kompol Muhammad Aris menyampaikan bahwa sesuai arahan Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Witnu Urip Laksana, bahwa setiap polsek jajaran Polrestabes Makassar harus melaksanakan kegiatan operasi cipta kondisi di kewilayahan untuk mengantisipasi tindak pidana, balap liar dan gangguan Kamtibmas lainnya selama bulan Ramadhan.

“Untuk wilayah Polsek Tamalanrea ada tiga tempat yg rawan menjadi lokasi ajang balap liar yaitu Jalan lingkar Tallasa City Parangloe, Jalan Lingkar Dr. Leimena Antang dan jalan Kapasa raya," katanya.

Dia menyatakan personil akan melaksanakan patroli secara intensif di ketiga lokasi tersebut khususnya sore hari menjelang berbuka puasa dan subuh setelah pelaksanaan shalat subuh.

Selain melaksanakan patroli rutin wilayah antisipasi balap liar, pihaknya juga telah memerintahkan kepada personil untuk melakukan pengamanan di mesjid-mesjid saat pelaksanaan Sholat Isya dan Tarwih dan berkoordinasi kepada pengurus mesjid untuk tetap menghimbau kepada jamaah agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Hal ini merupakan wujud nyata Polrestabes Makassar dan Polsek jajaran dalam upaya menjaga situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif, diharapkan warga masyarakat yang akan melaksanakan ibadah selama bulan Ramadhan dapat merasa aman, nyaman dan khusyuk," ucap Kompol Muh Aris.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024