Makassar (ANTARA) - Kapolres Enrekang, Sulawesi Selatan AKBP Andi Sinjaya Ghalib yang setiap malam berkeliling masjid bersama anggotanya dalam program "Syiar Ramadhan" itu banyak menegur pengurus masjid dan mengevaluasi langsung terkait protokol kesehatan COVID-19.

"Setiap malam kami berkeliling ke masjid-masjid bersama anggota melaksanakan ibadah shalat wajib dan shalat tarawih. Dalam keliling itu, kami juga melakukan evaluasi dan berikan teguran langsung bagi pelanggar prokes COVID-19," ujar AKBP Andi Sinjaya Ghalib melalui keterangannya, Selasa.

Ia mengatakan program Syiar Ramadhan yang dicanangkannya di awal Ramadhan 1422 Hijiriah itu memang fokus dalam pengetatan protokol kesehatan.

Beberapa pengurus masjid sudah ada yang diberikan teguran dan langsung menerapkan penuh prokes setelah diberikan pemahaman termasuk pengurus Masjid Nurul Iman Keppe.

Teguran dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga khususnya ummat islam yang melaksanakan ibadah di masjid-masjid yang ada diwilayah Kabupaten Enrekang.

"Saya selaku Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 berharap seluruh masyarakat bisa maklum atas ketegasan kami demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat agar tidak ada peningkatan penularan karena adanya kelalaian," katanya.

Kapolres menyatakan program syiar ramadhan ini dibentuk dengan tujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang beribadah yang sejalan dengan protokol kesehatan, sekaligus untuk mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi masyarakat dari risiko COVID-19.

AKBP Andi Sinjaya menambahkan program ini dilaksanakan dengan pendekatan kepolisian preemtif dan preventif di tiap-tiap masjid yang ada di Kabupaten Enrekang.

Program kedua yakni anti pekat (penyakit masyarakat) diantaranya menyasar seperti balapan liar (Bali), knalpot racing, tawuran, petasan, judi dan minuman keras (Miras). Pendekatan Kepolisian yang digunakan selain preventif namun juga represif secara selektif prioritas.

Selain beberapa pengurus masjid yang dievaluasi, banyak juga pengurus masjid mendapat pujian karena menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan ketat.

"Untuk Masjid Al-Kautsar bisa menjadi contoh yang baik, karena dalam pelaksanaan beribadah sudah mengikuti prokes Covid-19" ujarnya

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024