Makassar (ANTARA) - Juru Sembelih Halal Sulawesi Selatan menemui Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto untuk membahas beberapa hal penting seperti kebersihan rumah potong hewan (RPH) serta kehalalan hewan sembelihan.

Ketua Juru Sembelih Halal Indonesia DPW Sulsel Wahyu Suhadji di Makassar, Jumat, mengatakan kehalalan dan kebersihan hewan sembelihan bukan saja menjadi syariat dari agama Islam tetapi menjadi keharusan bagi semuanya agar hewan yang disembelih menyehatkan.

"Ini adalah pertemuan silaturahmi dengan bapak wali kota sekaligus membahas beberapa program kerja kami di DPW dan mensinergikan program dari pemerintah kota," ujarnya.

Dalam pertemuan itu, dia bersama pengurus juru sembelih lainnya juga melaporkan beberapa yang diantaranya mengajak Pemerintah Kota Makassar agar turut memperhatikan kehalalan dan kebersihan dalam penyembelihan hewan.

"Kami ingin mengajak Pemerintah Kota Makassar agar bersama kami memantau para pengusaha maupun RPH saat akan melakukan penyembelihan hewan. Baik dari segi kehalalan maupun kebersihan daging," katanya.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengaku siap dan berharap agar masyarakat diberikan edukasi terkait cara penyembelihan yang benar.

"Tentu ini sangat kita butuhkan. Namun perlu diberikan edukasi berkelanjutan pada semua pedagang agar mereka memahami cara menyembelih yang benar, baik sesuai syariat dan jiga aturan kesehatan," ujarnya.

Danny mengatakan Rumah Potong Hewan (RPH) Antang kini memiliki wajah baru. Bukan hanya tempatnya namun segala fasilitas pendukungnya juga sudah bisa mendukung dalam menghasilkan kualitas daging yang memadai.

"RPH Makassar sekarang sudah jauh lebih bersih, nyaman dan modern karena sudah menghadirkan peralatan pendukung. Insyaallah kebersihan yang utama dan itu juga sesuai dengan syariat agama," katanya.

Selain itu, dia juga berharap kepada juru sembelih halal agar mengedukasi pelaku usaha bagaimana proses mendapat sertifikat halal agar dapat makin meningkatkan penjualan juga memberikan rasa keamanan dan kenyamanan pembeli.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024