Makassar (ANTARA) - Progres pembangunan jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Luwu dan Toraja Utara dengan biaya APBD ini telah mencapai 54 persen.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam keterangannya di Makassar, Senin, mengatakan ruas Rantepao - Sa'dan - Batusitanduk ini menggunakan anggaran sekitar Rp72 miliar dari pemerintah provinsi.

Jalan penghubung dua kabupaten di Sulsel itu dibangun dengan pengerjaan sepanjang 11,4 km dan lebar 6 meter.

"Sampai sekarang kita tetap melanjutkan, sesuai visi misi kami. Saya menegaskan kita harus sama-sama jalan dalam membangun dengan asas pemerataan pembangunan dan keadilan sosial untuk masyarakat banyak," jelasnya.

Pemprov Sulsel, kata dia, terus berupaya untuk menyelesaikan infrastruktur jalan provinsi di daerah, yang diperkirakan akan memakan anggaran sekitar Rp400 miliar.

"Kemantapan jalan kita sekitar 70 persen. Kita terus genjot dan tingkatkan kemampuan kita," ujarnya.

"Tahun depan kita akselerasi lagi untuk jalan yang menghubungkan kabupaten/kota lainnya, utamanya yang dilintasi banyak warga. Insya Allah, pelan-pelan kita selesaikan ini dan sinergitas dikerjakan bersama," sambungnya.

Ia berharap, dengan pengerjaan infrastruktur jalan ini bisa berdampak baik untuk sektor perekonomian bagi masyarakat serta penyerapan tenaga kerja.

"Diharapkan bisa terwujud konektivitas transportasi, serta meningkatkan kualitas layanan transportasi melalui peningkatan kemantapan jalan yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat," harapnya.

Dirinya pun meminta agar pelaksana kegiatan untuk memaksimalkan tenaga kerja lokal, utamanya yang berdomisili di sekitar lokasi. "Kami juga berharap peran serta dari masyarakat di Kabupaten Toraja Utara dalam hal pengawasan pengerjaan jalan ini," katanya.

Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Victor Palimbong, mengakui komitmen Plt Gubernur Sulsel yang mendukung pembangunan di Kabupaten Toraja Utara.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024