Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) mengharapkan Ikatan Sarjana Oseanologi Indonesia (ISOI) dapat memberikan masukan dan berbagi tentang tata kelola laut yang lebih baik setelah melakukan kunjungan langsung ke Makassar New Port (MNP).

Hal itu dikemukakan Direktur Teknik PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Prakosa Hadi Takariyanto di Makassar, Senin.

Rombongan Ikatan Sarjana Oseanologi Indonesia (ISOI) dipimpin Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Safri Burhanuddin telah melakukan peninjauan di.MNP.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan ISOI melihat langsung MNP yang akan menjadi salah satu pelabuhan utama di Indonesia.

Selain itu, ISOI juga ingin melihat dari beberapa sisi, utamanya bagaimana Pelindo IV mengelola laut di sekitar MNP, terlebih dalam pengelolaan sampah laut yang harus dikoordinasikan dengan Pemerintah Kota Makassar.

Termasuk mengontrol sampah-sampah yang dari kota agar tidak sampai ke laut karena sampah-sampah di laut juga adalah tanggung jawab pemerintah kota.

Salah satu tugas ISOI adalah untuk ikut mengatasi haluan maritim Indonesia dan tugas ISOI juga adalah mencari tahu arus laut yang ada di MNP, sehingga bisa membantu untuk menganalisa.

Selain itu, lanjut Safri, salah satu tujuan rombongan ISOI mengunjungi MNP adalah untuk melihat langsung mega proyek tersebut yang dirancang sebagai green port, sehingga harus ramah lingkungan dan semua fasilitas yang tersedia harus full otomatis, penggunaan sumber daya manusia (SDM) sebagai operator mesin juga harus efisien dan pengelolaannya juga harus seminimal mungkin.

“ISOI juga ingin mengetahui, apa saja fasilitas green port yang ada di MNP,” katanya.

Pihaknya juga berterima kasih banyak Pelindo IV sudah membantu ISOI untuk berpikir untuk kelanjutan dari pengeloaan laut yang ada di sekitar lingkungan MNP

Sementara itu, Direktur Teknik PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Prakosa Hadi Takariyanto mengatakan, pihaknya berharap ada yang bisa di-sharing dari hasil kunjungan langsung rombongan ISOI ke MNP, yakni mengelola laut yang lebih bagus.

Dia menambahkan, Pelindo IV sudah memiliki kapal pengangkut sampah sendiri yang setiap saat siap untuk membersihkan sampah-sampah di laut sekitar pelabuhan yang ada di Makassar.

Menurutnya, tidak banyak pemilik kapal sampah di Indonesia dan Pelindo IV adalah salah satunya yang telah memiliki kapal sampah.

Suasana pemaparan IsOI terkait pengelolaan laut di Makassar New Port. ANTARA Foto/ HO/Humas Pelindo IV

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024