Makassar (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulawesi Selatan Harun Sulianto mengikuti secara virtual upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Harun Sulianto dan Kepala Divisi Keimigrasian Dodi Karnida mengikuti secara virtual dari Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel.

Sedangkan Kepala Divisi Administrasi Sirajuddin, Kepala Divisi Pemasyarakatan Edi Kurniadi, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Anggoro Dasananto dan seluruh jajaran pegawai Kanwil Kemenkumham Sulsel mengikutinya secara virtual di rumah masing-masing. Kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh Kepala UPT Kanwil Kemenkumham Sulsel.
  Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan Harun Sulianto dan Kepala Divisi Keimigrasian Dodi Karnidamengikuti secara virtual upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, dari Kanwil Kemenkumham Sulsel di Makassar. (ANTARA/HO/Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)
Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Peringatan hari lahir pancasila 1 Juni 2021 harus dijadikan momentum dan dimanfaatkan untuk memperkokoh nilai-nilai pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia berdiri, tantangan yang dihadapi Pancasila tidak ringan," ujarnya

Presiden Jokowi mengatakan Pancasila menghadapi perkembangan global yang tidak serta-merta selalu sama dalam pandangan maupun kebersamaan. Perkembangan global pun tak jarang menimbulkan kompetisi dan rivalitas antarpandangan, antarnilai dan antarideologi.

"Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini masyarakat dengan berbagai cara dan strategi," kata Jokowi.

“Untuk itu, diperlukan perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila dengan cara-cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0, dan sekaligus Pancasila harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesiaan,” ujar Jokowi.

Di akhir sambutannya, Presiden Jokowi mengajak seluruh elemen dan rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif untuk memperkokoh nilai-nila pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan.

Presiden Jokowi juga meminta untuk membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (*/Inf)

Pewarta : Arga
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024