Makassar (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Luwu Utara, Sulawesi Selatan, mulai melakukan vaksinasi kepada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Juru Bicara Satgas COVID-19 Lutra Komang Krisna dikonfirmasi dari Makassar, Rabu, mengatakan ini sebagai tindak lanjut Surat Edaran Kemenkes tentang Percepatan Vaksinasi COVID-19 dengan Kelompok Sasaran Lansia, Pendidik, dan Disabilitas.

"Untuk pelaksanaan program vaksinasi kepada ODGJ yang tengah kita lakukan berjalan lancar," katanya.

Ia mengakui untuk menjalankan program vaksinasi kepada ODGJ tentu memiliki tantangan yang lebih tinggi. 

Untuk itu, pihaknya lebih intens berkomunikasi dengan pihak keluarga. Peran keluarga untuk berkomunikasi dan sebagainya, begitu penting untuk menyukseskan program vaksinasi COVID-19 ini.

Menurut dia, pihaknya sering mendapati pasien ODGJ yang memberontak saat akan dilakukan vaksinasi. Apalagi karena akan disuntik dan tentu membutuhkan kesabaran yang lebih tinggi.

Mengenai jumlah ODGJ yang telah menjalani vaksinasi COVID-19 di daerah itu, dirinya mengaku tidak mencatat secara khusus karena bergabung dengan beberapa data lain termasuk lansia dan disabilitas.

"Kita komunikasi lebih detail ke keluarga. Jadi jika pihak keluarga menyatakan siap, maka kita lakukan vaksinasi. Kalau saya lihat kemarin, memang tidak ada penolakan," jelasnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024