Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menemui Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno untuk membahas beberapa langkah percepatan dalam penanganan COVID-19.

"Ini adalah kunjungan silaturahmi biasa sejak saya dilantik akhir Februari lalu dan kebetulan Pak Pangdam juga baru menjabat di sini, sehingga kami menggelar silaturahmi sekaligus bahas penanganan COVID-19," ujar Moh Ramadhan Pomanto di Makassar, Kamis.

Pihaknya setelah libur Lebaran mengantisipasi adanya klaster baru penularan virus corona jenis baru itu, meskipun warga setempat banyak yang taat dan mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik.

Sejak dirinya dilantik sebagai wali kota setempat pada akhir Februari lalu, timnya melalui program "Makassar Recovery" telah melakukan banyak persiapan dan memantapkan diri sebelum mereka semua bergerak ke setiap rumah-rumah warga, terkait dengan penanganan pandemi.

Danny Pomanto menyatakan melalui Satgas COVID-19 Hunter yang jumlahnya ribuan relawan itu akan terjun langsung melakukan pendataan dan penelusuran kasus.

Akan tetapi, sebelum hal itu dilakukan, pihaknya akan terlebih dahulu meluncurkannya dan memperkenalkan kepada masyarakat tentang semua perangkat Satgas COVID-19 Hunter tersebut.

"Kepemimpinan saya bersama Ibu Fatma, kami konsentrasi untuk 'Makassar Recovery'. Nah, saat ini Satgas Pengurai Kerumunan atau Satgas Raika sudah berjalan,dan dalam waktu dekat akan kami luncurkan Satgas COVID-19 Hunter juga Satgas Detektor agar melengkapi bagian penugasan dari program 'Makassar Recovery' ini," katanya.

Lebih lanjut, wali kota dua periode ini menjelaskan dengan adanya Satgas Covid Hunter diharapkan mampu menekan laju pergerakan COVID-19 di Makassar.

"Satgas Raika itu kan pak untuk mengurai kerumunan warga, kalau Satgas COVID-19 Hunter sendiri akan memburu warga yang terindentifikasi terpapar COVID-19. Hal ini diharapkan agar tidak ada lagi penambahan kasus baru di Makassar" terangnya.

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno mendukung upaya Pemerintah Kota Makassar dalam menangani COVID-19 di Makassar.

"Program bapak wali kota ini tepat sasaran. Besar harapan saya, warga Makassar bisa patuh pada protokol kesehatan. Segala upaya telah dilakukan pemerintah, ini semua demi pemulihan kota. Mari dukung 'Makassar Recovery'. Saya sendiri selaku pangdam mendukung penuh hadirnya Satgas COVID-19 Hunter di Makassar," ucapnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024