Sinjai (ANTARA) - Ahli waris, Mina, salah seorang pedagang di Pasar di Manimpahoi, menerima santunan manfaat BPJS Ketenagakerjaan saat sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan bersama Pemerintah Daerah di Desa Saotengnga, Kabupaten Sinjai.

"Bantuan bagi pekerja informal di Kompleks Pasar Manimpahoi, Desa Saotengnga ini sebagai belasungkawa dan juga penyemangat untuk terus melanjutkan usaha," kata Wakil Bupati Sinjai, Hj Andi Kartini Ottong didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sinjai, Gazali disela penyerahan bantuan tersebut, Kamis.

Andi Kartini pada kesempatan itu menyampaikan belasungkawa atas wafatnya almarhuma yang merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan dan berharap bantuan senilai Rp42 juta dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan untuk melanjutkan perjuangan dan cita-cita almarhumah," katanya.

Berkaitan dengan hal tersebut, wakil Bupati Sinjai ini berharap pihak BPJS Kenagakerjaan agar terus melakukan sosialisasi manfaat program Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kematian (JKM), karena ruang lingkup perliundungan lebih luas, tidak hanya pada sektor pekerja formal, juga informal.

Pogram ini, sangat bermanfaat bagi pekerja formal maupun informal. Untuk sektor informal lanjut Andi Kartini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan hidup dasar yang layak apabila terjadi hal-hal yang dapat mengakibatkan hilangnya atau berkurangnya pendapatan, karena menderita sakit, mengalami kecelakaan, kehilangan pekerjaan, memasuki usia lanjut atau pensiun.

Sementara itu Gazali mengatakan, jaminan sosial di sektor ketenagakerjaan ini terus diperluas jangkauannya, bukan hanya sektor tenaga kerja formal tetapi juga informal. Baik itu secara kolektif maupun mandiri.

"Yang kolektif misalnya komunitas ojek online, pekerja bangunan dan sebagainya yang didaftarkan oleh organisasinya ataupun pimpinannya," katanya.

Sementara itu penerima santunan, Mina mengungkapkan rasa terima kasihnya dan berjanji akan melanjutkan usaha ibunya berjualan di Pasar Manimpahoi agar dapat menyantuni adik-adiknya.
 

Suasana pemberian santunan BPJS Kenagakerjaan Kabupaten Sinai kepada ahli warispedagang Pasar Manimpahoi dihadiri Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini. ANTARA Foto/ HO/ Satriani

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024