Makassar (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan menggelar Pekan Bisnis dan Ekonomi (PINISI) Syariah untuk mendorong sinergitas pelaku usaha dan dunia perbankan.

"Kali ini mengusung tema 'Memperkuat Sinergi Pengembangan Produk dan Bisnis Syariah Sulawesi Selatan' dengan melibatkan UMKM dan perbankan syariah," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan Budi Hanoto di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, ekonomi dan keuangan syariah memiliki potensi besar sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru khususnya dalam rangka mempertahankan momentum pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Melalui pengembangan ekosistem Hala Value Chain (HVC) dan penguatan UMKM, lanjut dia, pengembangan ekonomi syariah serta pesantren diarahkan untuk selaras dengan perkembangan ekonomi digital.

"Karena itu, perlu upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah secara intensif dalam rangka memastikan terciptanya stabilitas ekonomi dan keuangan domestik, sehingga dapat tumbuh secara berkelanjutan dan berkeadilan," katanya.

Kegiatan PINISI Syariah itu dibuka 11 - 13 Juni 2021 dengan bersinergi bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengena mengetatkan protokol kesehatan di lokasi kegiatan.

Menurut Budi, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan sebagai bagian dari Road to Festival Ekonomi Syariah Kawasan Timur Indonesia (Fesyar KTl), dan akan dirangkaikan dengan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) secara nasional di tahun 2021.

Sementara itu Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman sulaiman yang diwakili oleh Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan, Muhammad Firda,menyampaikan apresiasinya terhadap BI Sulsel atas prakarsanya dalam penyelenggaraan PINISI Syariah.

"Pemerintah Provinsi menyambut baik inisiatif sinergi dalam pengembangan ekonomi syariah, khususnya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah," katanya.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan dalam sambutannya pada opening ceremony PINISI Syariah menekankan pentingnya sinergi antarpemangku kepentingan.

Sinergi tersebut dapat dilaksanakan dalam bentuk pendampingan kegiatan promosi produk dan jasa keuangan syariah secara rutin melalui Pekan Bisnis & Ekonomi Syariah, fasilitasi para UMKM untuk dapat menjadi bagian dari ekosistem Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA), melakukan edukasi dan sosialisasi, serta sinergi program pemberdayaan kemandirian ekonomi pesantren.

Pameran PINISI Syariah terdiri atas kegiatan pameran produk dari 45 UMKM serta pondok pesantren mitra BI Sulsel. Di samping itu terdapat kegiatan temu bisnis (business matching) dan aneka pertunjukan yang bertempat di Atrium Trans Studio Mall, Makassar.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024