Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat tengah berupaya merampungkan pembangunan jalan ke daerah terpencil di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) untuk mendukung kelancaran distribusi hasil pertanian masyarakat, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

"Tahun ini dirampungkan pembangunan jalan poros antara Desa Lampa Kecamatan Lampa menuju Kecamatan Matanga yang berada di pegunungan Kabupaten Polman sepanjang 45 kilometer," kata Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Ali Baal Masdar, di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan jalan tersebut ditargetkan rampung tahun ini agar segera dapat dinikmati masyarakat dalam mendistribusikan hasil pertaniannya.

Selain itu, Pemprov Sulbar juga akan melanjutkan pembangunan jalan dari Kecamatan Bulo Kabupaten Polman menuju Desa Keppe Kabupaten Mamasa sepanjang 40 kilometer di tahun anggaran 2022.

"Akses jalan tersebut dibangun agar distribusi hasil pertanian dan roda perekonomian masyarakat daerah terpencil di Polman dapat lancar untuk mendorong pembangunan daerah," katanya.

Ia mengatakan akses jalan tersebut akan membuat hubungan ekonomi masyarakat di pegunungan Kabupaten Polman dan Kabupaten Mamasa menjadi lancar.

Menurut dia, akses jalan ke wilayah pegunungan Sulbar patut disediakan karena selama ini merupakan penghambat peningkatan ekonomi masyarakat di sektor pertanian.

Kendati demikian, Pemprov Sulbar sangat membutuhkan bantuan pemerintah pusat guna membantu menyediakan akses jalan mengingat adanya keterbatasan anggaran daerah.

"Kalau jalan bagus maka pelayanan pendidikan, kesehatan dan perdagangan hingga pertumbuhan ekonomi juga akan baik. Tentu saja pembangunan jalan harus terus dilaksanakan," ujar Ali Baal Masdar.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024