Makassar (ANTARA) - Sebanyak 3.496 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang menghuni berbagai lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan) di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) telah menjalani vaksinasi COVID-19.   

Kini, terdapat 10.144 WBP yang terdiri dari 8.059 narapidana dan 2.085 tahanan yang menghuni lapas/rutan di wilayah Sulsel.

"Ada 3.496 WBP yang sudah divaksin dan akan terus bertambah di hari–hari ke depan,” kata Kadiv Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Sulsel Edi Kurniadi dalam rilis yang diterima di Makassar, Rabu (21/7) malam.

Ia mengatakan vaksinasi COVID-19 bagi WBP di wilayah Sulawesi Selatan akan terus dilaksanakan, dan pada Juli 2021 hampir semua lapas/rutan di Sulawesi Selatan telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 yang melibatkan WBP dan pegawai di institusi tersebut.

Edi Kurniadi menyebut 18 lapas/rutan telah melakukan vaksinasi terhadap WBP dan pegawai, dan lapas/rutan lainnya sedang berkoordinasi dengan instansi terkait.

Dalam waktu dekat Lapas Parepare dan Rutan Makassar akan melakukan vaksinasi COVID-19 untuk 500 orang WBP, bekerja sama dengan Kodim setempat. Suasana saat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Lapas Palopo, bekerja sama dengan Kodim 1403/Palopo (ANTARA/HO/Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)
Hari ini, Rabu (21/7), Lapas Palopo melaksanakan vaksinasi terhadap 155 orang WBP dan lima orang petugas lapas, bekerja sama dengan Kodim 1403/Palopo, sebagaimana dilaporkan Kalapas Palopo Indra Sofyan.

“Kita berharap melalui vaksinasi ini, WBP dapat terhindar dari Covid-19 dan mampu membentuk kekebalan komunal di dalam Lapas Palopo,” ujar Indra.

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto mengapresiasi dan berterima kasih kepada Dinas Kesehatan, TNI, dan Polri di Sulsel yang telah membantu vaksinasi WBP.

"Harapannya semua WBP dapat divaksin," ujarnya.(*/Inf)

Pewarta : Arga
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024