Makassar (ANTARA) - Yayasan Hadji Kalla bekerja sama Ocean Trip Makassar melakukan edukasi pelestarian lingkungan kepada anak-anak pesisir di wilayah pesisir Lantebung Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Kegiatan ini merupakan program belajar anak-anak dalam memberikan pengetahuan mengenai kelestarian lingkungan dan ekosistem wilayah pesisir.

Tim Yayasan Hadji Kalla Kurniawan Jaya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari Program Aktif Positif Yayasan Hadji Kalla yang dipastikan akan membawa dampak positif bagi anak-anak karena memberi pengenalan dan pembelajaran terkait mangrove.

"Selain belajar, mereka secara tidak langsung juga ikut menjadi bagian yang terlibat langsung dalam menjaga ekosistem laut," katanya saat datang dan menyaksikan langsung kegiatan anak-anak Lantebung belajar.

Kegiatan yang dilakukan berupa pembelajaran dan pengenalan tanaman mangrove dan manfaatnya bagi ekosistem wilayah pesisir. Anak-anak yang hadir diajarkan tentang besarnya manfaat tanaman bakau itu yang setiap hari dilihat di sekitar rumah mereka.

Sejak awal dijalankannya program, telah melibatkan puluhan anak-anak usia dini dalam belajar. Sementara para relawannya berasal dari kalangan mahasiswa dengan berbagai latar belakang, berjumlah 15 orang.

Ichsan Ashari Achmad selaku pendiri Komunitas Ocean Trip Makassar mengatakan, anak-anak adalah usia yang tepat untuk memberikan pemahaman tentang kelestarian lingkungan, terutama manfaat dari tanaman mangrove.

Ikhsan selaku pendiri dari Komunitas Ocean Trip Makassar menjelaskan bahwa target jangka panjang yang Ia ingin lakukan bersama dengan teman-temannya adalah menciptakan wilayah ekowisata berbasis edukasi untuk semua kalangan di taman Mangrove Lantebung.

Maka Komunitas Ocean Trip berharap akan bisa menciptakan generasi berwawasan dan berkesadaran lingkungan.

“Kita berharap bahwa di masa akan datang, anak-anak Lantebung yang kita bina ini bisa menjadi generasi yang sadar akan kelestarian lingkungan dan bisa menjaga apa yang diberikan oleh alam untuk mereka," ujar dia.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024