Makassar (ANTARA News) - Bocah berusia sekitar 13 bulan yang menderita tumor ganas di mata sebelah kanannya dibawa ke Rumah Sakit (RS) Wahidin Sudirohusodo Makassar untuk mendapatkan perawatan khusus.

Bocah mengalami tumor ganas tersebut bernama Asti Amanda (1) warga Kelurahan Surutanga, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, terpaksa harus dirawat di Makassar akibat keterbatasan sarana kesehatan di daerah asalnya.

Tumor ganas di mata sebelah kanan Asti Amanda membesar seukuran bola lampu lima watt, sedangkan pipi bocah perempuan ini juga membengkak, kata Arfah orang tua Asti saat dihubungi dalam perjalanan menuju Makassar, Jumat.

Menurut Arfah awalnya melihat ada gejala aneh di mata putrinya, berupa bintik putih di bola mata (pupil) ketika berusia sekitar tiga bulan.

"Bintik putih di bola mata itu semakin lama semakin besar dan membengkak. Itu kami tahu sekitar tiga bulan lalu," kata dia.

Menurut dia, saran dari tetangga serta saudaranya agar Naufal dibawa saja berobat ke rumah sakit di Makassar untuk dilakukan operasi tumor ganas dimata kanannya.

Bahkan, lanjut dia Lurah Surutanga dan Camat Wara Timur memfasilitasi keberangkatan Asti dan keluarganya dengan mengumpulkan dana.

Rencananya Asti akan dirawat intensif di RS Wahidin Sudirohusodo setelah mendapat bantuan pembiayaan dari warga Surutanga, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo. (T.KR-HK/K005)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024