Makassar (ANTARA) - Ghina Maulida Junaedi dari SDN Unggulan Mongisidi I Kota Makassar,  mewakili Provinsi Sulawesi Selatan dalam Lomba Bertutur tingkat Nasional Tahun 2021 yang dilaksanakan Perpustakaan Nasional RI secara virtual,  6 hingga 10 September 2021.

Ghina berhak menjadi wakil Provinsi Sulawesi Selatan setelah dinyatakan lolos seleksi sebagai juara I tingkat provinsi yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan dan diikuti perwakilan peserta dari Kabupaten/ Kota. 

Pustakawan Dinas Perpustakaan Makassar Tulus Wulan Juni di Makassar, Jumat, mengatakan Gina akan bersaing menjadi yang terbaik dari seluruh peserta di 34 provinsi. 

Ia menjelaskan Ghina sebelumnya juga lolos mengikuti seleksi  dan terpilih sebagai juara I Lomba Bercerita tingkat Kota Makassar yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan Makassar.

Saat ini Ghina tengah mempersiapkan diri mengikuti arahan dan pembekalan dari tim pendamping yang juga sebelumnya adalah juri lomba yakni dari unsur pendongeng, Kak Madia Madia S Nura, dari unsur psikolog, Asniar Khumas dan dari unsur teather, Yudistira.

Proses pendampingan/ pembekalan dilaksanakan oleh tim dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan dan didukung oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar, pihak sekolah serta dukungan kedua orang tua.

Pada masa pandemi COVID-19 ini,  pengiriman peserta lomba masih dilakukan melalui pengiriman video yang direkam tanpa editing saat lomba di tingkat provinsi.

Ghina menjadi andalan Sulsel setelah tampil santai dan percaya diri. Ghina membawakan cerita rakyat Sulawesi Selatan berjudul "Sangiang Seri dan Kucing Penjaga Padi".

Kisah ini penuh haru yang ditampilkan apik setiap alur ceritanya oleh Ghina dengan pesan moralnya yang mengajarkan kepada anak-anak agar tidak menyia-nyiakan makanan, menyayangi setiap makhluk hidup, dan sikap bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas yang diamanahkan.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024