Makassar (ANTARA News) - Pedayung Canoeing andalan Sulawesi Selatan yang tergabung dalam program "Indonesia Emas" terpilih memperkuat Indonesia di kejuaraan internasional di Hongaria, 17 Agustus 2011.

Sekretaris Umum PODSI Sulsel Suarman, di Makassar, Sabtu, mengatakan, pedayung asal Sulsel yang akan mengasah kemampuan di luar negeri itu antara lain Anwar Tarra dan Salwiah.

"Terpilihnya atlet Sulsel tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi PODSI Sulsel. Kami berharap seluruh atlet yang diturunkan bisa memberikan prestasi yang membanggakan," jelasnya.

Mengenai terpilihnya atlet Sulsel, menurut Suarman, bukan hanya menjadi sebuah kebanggaan. Kenyataan itu juga sebagai bukti jika atlet Sulsel memiliki potensi mengharumkan nama Indonesia ditingkat internasional.

Selain itu, keterlibatan sejumlah atlet Sulsel juga diharapkan membuat penampilannya semakin maksimal sehingga bisa memberikan hasil terbaik pada pelaksanaan PON XVIII Riau 2012.

"Kami tetap mengantungkan harapan besar kepada para atlet pelatnas untuk meraih hasil maksimal di PON. Saya kira dengan kejuaraan yang rutin membuat kemampuannya bisa terjaga," katanya.

Mengenai persiapan Sulsel menghadapi babak kualifikasi PON, pihaknya mengaku sudah lebih dari cukup. Seluruh atlet yang bukan pelatnas juga hingga kini tetap konsisten menjalankan sejumlah program latihan yang telah diagendakana. Podsi Sulsel juga optimitis bisa meloloskan lebih banyak atlet di Pra PON tersebut.

"Untuk pelatnas, baru akan kita kumpulkan setelah pelaksanaan SEA Games. Kita juga sudah berkomitmen untuk memanfaatkan waktu tersisa untuk lebih mematangkan kemampuan setiap atlet," ujarnya.

Sementara Pelatih dayung Sulsel Baso Akbar menyatakan bahwa semua atlet yang dipersiapkan menghadapi pra-PON itu telah menjalani latihan intensif di Danau Tanjung Bunga, Makassar.

Atlet yang menjadi andalan Sulsel pada pra-PON mendatang antara lain Anwar Tarra, Nursalam, Nuswar Akbar, sedang di bagian putri Sri Rahayu dan Salwiah yang turun di nomor cano dan rowing.

Tim dayung Sulsel mewaspadai atlet dari Jawa Barat, Jawa Timur dan Riau yang juga memiliki atlet Pelatnas SEA Games, sehingga pada babak kualifikasi PON akan terjadi persaingan alot memperebutkan tiket ke PON. 
(T.PSO-283/F003) 


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024