Makassar (ANTARA) - Sebanyak 1.300 dosis vaksin disiapkan oleh kombinasi vaksinator dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar, Poltekes Makassar serta tenaga medis Lapas Makassar dan Rutan untuk memvaksinasi warga Rutan Makassar.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Selatan, Harun Sulianto di Makassar, Sabtu, mengatakan vaksinasi lanjutan bagi warga asuh kembali dilaksanakan dan capaiannya kini di atas 90 persen.

“Berdasarkan laporan, sudah di atas 90 persen dan kami akan upayakan 100 persen untuk seluruh warga,” ujarnya.

Harun juga mengapresiasi tim Rutan Makassar yang aktif berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memvaksinasi warga asuh.



Ia meminta seluruh jajarannya di jajaran Rutan dan Lapas di Sulsel segera menuntaskan vaksinasi warga hingga 100 persen.

“Upaya yang dilakukan agar 100 persen divaksinasi lengkap. Sisanya hanya berkoordinasi dengan aparat penegak hukum lainnya mengenai mekanisme penerimaan tahanan baru yang membutuhkan vaksinasi lengkap. Sehingga diharapkan Rutan Makassar dapat terlindungi dari COVID-19, kekebalan kelompok terbentuk,” kata Kakanwil Harun Sulianto.

Kepala Seksi Rutan Rutan Makassar Darmansyah mengatakan, vaksinasi yang dilakukannya dibagi tiga untuk mengurai antrean.

“Selain itu juga memudahkan petugas untuk melakukan pengawasan, terukur, terarah. Insya Allah berjalan lancar, tertib dan aman,” ujarnya.

Darmansyah mengatakan untuk meluncurkan vaksinasi tersebut, tim vaksinator yang merupakan gabungan dari Dinas Kesehatan Pelabuhan Makassar, Poltekes Makassar serta tenaga medis Lapas Makassar dan Rutan dibagi menjadi 3 titik.

“Dua tim memasuki blok shelter dalam yang dipusatkan di Blok Sultan Hasanuddin dan Blok Sultan Alauddin. Sedangkan blok shelter luar yaitu blok Isolasi, tahanan baru dan blok perempuan dipusatkan di ruang kunjungan secara bergantian,” ujarnya. dikatakan.

Darmansyah menjelaskan, target vaksinasi kali ini sebanyak 1.300 orang dan menjadi capaian terbesar dalam 3 gelombang vaksinasi di Rutan Makassar.

“Dari Komisi IX DPR RI yang digagas Ibu Aliyah Mustika Ilham, Alhamdulillah hari ini Rutan kembali mendapat vaksinasi 1.300 dosis. Jika sudah memenuhi target, maka jumlah warga asuh yang menjalani vaksinasi di atas 90 persen,” dia berkata.*
 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024