Mamuju (ANTARA) - Polres Pasangkayu, Sulawesi Barat, menggelar program vaksinasi gerebek desa sebagai upaya meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 di daerah itu.

Kapolres Pasangkayu Ajun Komisaris Besar Polisi Didik Subiyakto, pada pelaksanaan vaksinasi gerebek desa di Desa Karave Kecamatan Bulutaba, Senin, mengatakan program itu sebagai upaya mendukung percepatan pencapaian "herd immunity" khususnya di wilayah Pasangkayu.

"Program gerebek desa dalam rangka vaksinasi COVID-19 adalah salah satu upaya untuk meningkatkan capaian vaksinasi dan membentuk 'herd immunity'. Gerebek desa dalam rangka vaksinasi COVID-19 ditargetkan menyasar orang dengan rentang usia 12 tahun ke atas," kata Didik Subiyakto.

Ia mengapresiasi tingginya antusiasme masyarakat yang menjalani vaksinasi di lokasi tersebut. 

Untuk menghindari terjadinya antrean, petugas membuka lagi beberapa ruangan baru agar tidak terjadi banyak kerumunan.

"Kami akan terus menggencarkan program vaksinasi sebagai salah satu upaya untuk membentuk 'herd immunity'.Melalui vaksinasi, diharapkan membuat sistem kekebalan tubuh warga lebih meningkat sehingga dapat menekan penyebaran COVID-19," ujarnya.

"Kalau abai terhadap protokol kesehatan, tidak menutup kemungkinan bisa terpapar COVID-19," tambah Didik.

Percepatan vaksinasi COVID-19 juga terus dilakukan Polres Mamuju Tengah. 

Wakapolres Mamuju Tengah Komisaris Polisi Ramli mengatakan pihaknya menyiapkan sebanyak 200 vaksinasi di setiap titik kegiatan yang dilakukan Polres Mamuju Tengah dibantu tenaga kesehatan langsung melakukan vaksinasi pada warga setempat.

"Pengamanan dan pengawasan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis pertama dan kedua kami lakukan dengan target sebanyak 1.000 orang," ujar Ramli.

Vaksinasi gerebek desa itu lanjutnya, dilakukan di beberapa titik, diantaranya di Balai Desa Sulobaja, Balai Desa Patulana, Kantor Desa Pontanakayyang dan beberapa titik lokasi lainnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Kegiatan ini merupakan penyelenggaraan dalam rangka Operasi Aman Nusa II Marano-2021 dengan program Gerebek Desa sebagai upaya percepatan vaksinasi COVID-19 di wilayah Kabupaten Mamuju Tengah," tuturnya.

"Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan tertib. Situasi aman terkendali serta masyarakat sangat antusias dengan adanya vaksinasi," ujar Ramli.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024