Makassar (ANTARA) - Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon aparatur sipil negara (CASN) di jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel) yang digelar pada 28 September hingga 12 Oktober 2021, diikuti oleh 14.219 orang untuk memperebutkan 205 formasi SLTA dan beberapa formasi non-SLTA.  

Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi Kanwil Kemenkumham Sulsel Sirajuddin, di Makassar, Jumat (15/10) mengatakan tes SKD CASN Kanwil Kemenkumham Sulsel telah digelar di Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKIP) Makassar.

Pendaftar CASN itu terdata sebanyak 25.436 orang dan sebanyak 18.125 orang diantaranya dinyatakan lulus seleksi administrasi dan diumumkan pihak Kemenkumham RI di Jakarta.

"Dari 18.125 orang peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, sebanyak 14.219 orang peserta diantaranya telah  hadir mengikuti tes SKD, dan 3.906 orang peserta lainnya tidak hadir,” ujar Sirajuddin.

Sementara itu, Kabag Umum Kanwil Kemenkumham Sulsel Basir mengatakan profesi sebagai Aparatur Sipil Negara Kemenkumham Sulsel masih diminati banyak masyarakat, mengingat alokasi formasi Kanwil Sulsel yang hanya 205 orang untuk kualifikasi pendidikan SLTA sederajat, ditambah dengan beberapa formasi non-SLTA, namun peminatnya mencapai 25.436 orang.

Basir menyebut jumlah formasi SLTA sebanyak 205 orang, terdiri dari 203 orang penjaga tahanan (199 laki-laki dan 4 perempuan) serta 2 orang pemeriksa Keimigrasian (1 laki-laki dan 1 perempuan).

Tes SKD CASN tersebut diawasi oleh tim dari BKN Pusat sebanyak 9 orang, dari Sekretariat Jenderal (Biro Kepegawian dan Pusdatin) sebanyak 3 orang, juga ada orang 5 orang petugas dari Polsek Tamalanrea dan 5 orang dari Satbrimob Polda Sulsel sebagai petugas pengamanan.

Basir juga menyebut Ketua Ombudsman Perwakilan Sulsel Subhan juga telah melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan SKD tersebut. 

Basir meminta agar seluruh peserta yang telah mengikuti tes SKD untuk bisa sabar menunggu pengumuman resmi dari Kementerian Hukum dan HAM RI melalui laman cpns.kemenkumham.go.id.

“Jadi jangan mempercayai lagi adanya orang–orang yang menjanjikan kelulusan. Hasil ataupun nilai SKD sudah ada ditangan peserta masing–masing. Silahkan pantau terus laman cpns.kemenkumham.go.id untuk pengumuman CASN selanjutnya,” jelas Basir. (*/Inf)

Pewarta : Arga
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024