Ternate (ANTARA) - Sejumlah tamu undangan serta gubernur se- Indonesia mulai berdatangan ke Provinsi Maluku Utara (Malut) untuk menghadiri pembukaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Nasional XXVI di Sofifi, Malut.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan, Rahwan K Suamba di Ternate, Jumat, mengatakan rombongan perdana yang tiba di Bandara Babullah dengan Pesawat Wing Air pukul 08.30 WIT, tampak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta Istri.

  Sejumlah tamu undangan serta gubernur se Indonesia mulai berdatangan ke Provinsi Maluku Utara (Malut) untuk menghadiri pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Tingkat Nasional XXVI di Sofifi Provinsi Malut (Abdul Fatah)

Tidak berselang lama tiba dengan Pesawat Batik Air Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdi Mastura, Asisten I Provinsi Lampung Drs. Qudratul Ikhwan.

Sementara pukul 14.23 WIT dengan Batik Air tiba Gubernur Sulawesi Barat Andi Ali Baal Masdar, Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi, Asisten II Provinsi Papua.

Rahwan menyatakan selain para gubernur, tampak juga para tamu undangan lainnya yang terdiri dari Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Sekda Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung yang juga telah tiba di Ternate Provinsi Maluku Utara dan disambut pengalungan Sal serta tarian Soya-soya.

Selain itu tiba juga pukul 14.23 WIT dengan Pesawat Batik Air rombongan kafilah dari Provinsi Bali yang berjumlah 18 orang, dengan tibanya Provinsi Bali di Provinsi Maluku Utara maka sudah 33 Rombongan Kafilah se Indonesia yang di tambah tuan Rumah Provinsi Maluku Utara maka sudah 34 Provinsi yang siap mengikuti Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) XXVI Tingkat Nasional di Provinsi Maluku Utara.

Para Gubernur serta tamu undangan disambut oleh Asisten II Pemprov Malut Sri Hatari dan Asisten III Asrul Gailea, serta Ketua Bidang Penjemputan Bambang Hermawan, Wakil Ketua Penjemputan VVIP Ali Fataruba, penanggung jawab LO Balitbangda Mulyadi Wowor, Penanggungjawab LO Pariwisata Tahmid Wahab.

Sebelumnya, Pemprov Malut seluruh rombongan para kafilah dari berbagai Provinsi terus berdatangan untuk mengikuti perlombaan Seleksi Tilawatil Qur'an tingkat Nasional di Sofifi.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan, Rahwan K Suamba, Rabu (13/10), mengatakan kedatangan rombongan kafilah di Bandara Baabullah Ternate sejak Kamis (14/10) hingga hari ini, berasal dari 18 Provinsi sejak mulai pada pukul 06.47 WIT dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia yang terdiri dari tiga provinsi yakni, Provinsi DKI Jakarta sebanyak 50 orang, Provinsi Banten 48 orang dan Provinsi DIY 43 orang.

Sedangkan rombongan kafilah yang menggunakan Batik Air pada pukul 08.25 WIT terdiri dari tiga provinsi yaitu Provinsi Sumatera Barat dengan jumlah rombongan 48 orang, Provinsi Jambi 41 orang dan Provinsi Lampung 32 orang.

Sementara pada pukul 11.27 WIT rombongan dari Nusa Tenggara Barat berjumlah 34 orang, Jawa Tengah 48 orang, Jawa Barat 56 orang, Kalimantan Barat 44 Orang, Kalimantan Timur 52 Orang.

Sementara pada pukul 14.00 WIT kafilah dari Sulawesi Barat berjumlah 41 orang, Gorontalo 32 orang, Jawa Timur 52 orang, Kalimantan Utara 12 orang, Sulawesi Selatan 48 orang dan pada Pukul 16.20 rombongan dari Maluku berjumlah 29 orang dan Sulawesi Utara 26 orang, sehingga total kafilah sebanyak 712 peserta tiba di Malut

Pewarta : Abdul Fatah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024