Makassar (ANTARA) - Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) mengatakan pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan, tetapi juga fungsi dakwah dan pemberdayaan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Bupati MYL saat memimpin upacara peringatan Hari Santri lingkup Kabupaten Pangkep di halaman Kantor Bupati Pangkep, Jumat (22/10).

Menurut MYL, peringatan Hari Santri 2021 mengusung tema "Santri siaga jiwa raga",  sangat relevan dengan kondisi saat ini di tengah pandemi COVID-19.

Bupati berharap santri tidak boleh lengah dalam menerapkan protokoler kesehatan, 5 M + 1D yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan, dan doa.

Tahun ini, kalangan pesantren mendapat kado istimewa dari Presiden RI Joko Widodo. Berupa pratruran presiden nomor 82 tahun 2021 tentang pendanaan penyelenggaraan pesantren. Praturan Presiden ini secara khusus mengatur tentang dana abadi pesantren yang dialokasikan dalam upaya peningkatan sumber daya manusia pendidikan pesantren.

Melalui momen Hari Santri ini, MYL mengajak untuk mendoakan para pahlawan, khususnya dari kalangan ulama.

Dikatakan MYL, Hari Santri ini diharapkan kepada para santri semakin meningkatkan kecintaan kepada agama, bangsa dan negara, serta menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harga mati.

Lanjutnya, diharapkan juga pesantren, pengasuh dan santri terbebas dari paham radikalisme.

"Kita berharap, paham radikalisme tidak menyusup di pesantren kita. Kita berharap, santri khususnya di Pangkep, memperjuangkan Indonesia,"katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Pangkep Muhammad Nur Halik menyampaikan santri harus mengedepankan nilai agama, mengedepankan nilai-nilai kebangsaan dan berpatokan kepada solusi jihad NKRI harga mati.

Upacara hari santri turut dihadiri oleh Ketua DPRD Pangkep, Forkopimda, pimpinan OPD dan sejumlah perwakilan santri dari 12 pondok pesantren di Pangkep.

Disela-sela upacara, santri menunjukkan kebolehan seni bela diri.

Selain itu juga, bupati menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba-lomba yang digelar sebagai rangkaian Hari Santri. (*/Inf)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024