Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, siap melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 48 desa dari total 88 desa yang ada di wilayah kabupaten itu.

Wakil Bupati Mamuju Ado Mas’ud di Mamuju, Selasa, mengatakan pemerintah di Mamuju telah mempersiapkan pelaksanaan pilkades serentak pada 22 Desember 2021, di 48 desa pada 11 kecamatan di Mamuju.

Sejauh ini jadwal pelaksanaan pilkades serentak tersebut belum berubah, karena belum ada hal yang dianggap penting untuk mengubah jadwal tersebut.

Menurut dia, pemerintah telah mempersiapkan segala kebutuhan terutama anggaran pelaksanaan pilkades serentak itu.

Begitu juga kesiapan panitia pilkades yang sudah dipersiapkan agar pesta demokrasi di level desa itu dapat berjalan aman dan lancar.

Ia berharap pelaksanaan pilkades serentak di Mamuju dapat berjalan lancar dan damai serta terpilih pemimpin yang membawa kemajuan pembangunan di desa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Mamuju Abdul Rahim mengatakan pemerintah telah menyampaikan berbagai tahapan pemilihan kepala desa kepada seluruh pihak di desa yang hendak melaksanakan pilkades serentak tersebut.

"Pilkades di Mamuju dilaksanakan sesuai Undang Undang (UU) Nomor 6 tentang Desa dan regulasi pendukung lainnya seperti permendagri, perda maupun peraturan bupati yang baru tentang pilkades," ujarnya.

Ia menambahkan, sejauh ini tahapan pilkades di Mamuju sudah sudah dimulai hingga pembentukan panitia pilkades.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024