Jayapura (ANTARA News) - Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) Provinsi Papua, Prof Dr Berth Kambuaya MBA mengatakan pihaknya  membuka Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) yang mulai operasional November 2011.

"Kami telah mempunyai SK dari Mendiknas untuk membuka Fakultas Ilmu Keolahragaan dan November nanti secara resmi berjalan," katanya di Jayapura, Papua, Selasa.

Menurutnya, keinginan untuk membuka atau meningkatkan status program studi Pendidikan, jasmani dan kesehatan (Penjaskes) menjadi Fakultas Ilmu Keolahragaan selain terus mengembangakan kampus Uncen juga merupakan komitmen (Kampus Uncen) terhadap pengembangan dan peningkatan keolahragaan di Papua.

Apa lagi, Papua terkenal memiliki segudang atlet yang mempunyai talenta alami yang butuh perhatian dan pendidikan formal untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan akan ilmu olahraga.

"Dengan adanya FIK, maka akan memproduksi tenaga-tenaga guru atau profesional olahraga di Papua," katanya.

Lebih jauh Kambuaya jelaskan, pada 2011 ini pihaknya juga telah membuka program studi baru diantaranya, program studi Perikanan dan kelautan strata satu, dan program studi Farmasi strata satu.

Sedangkan untuk program pasca sarjana atau strata dua yaitu  magister sains, magister biologi, magister hukum, magister olah raga, magister sosiologi, magister manajemen pendidikan dan magister administrasi publik.

"Pengembangan kampus Uncen terus kami lakukan sesuai dengan kebutuhan kita di Papua," katanya.

"Terima kasih kepada pemerintah setempat dan pusa yang selalu memperhatikan kebutuhan dan kemajuan pendidikan di Papua khususnya di kampus Uncen," katanya. (T.pso-185/M019)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024