Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin resmi menerima 143 mahasiswa peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka "Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)” dari berbagai kampus di Indonesia.

Acara yang dihadiri Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA dan Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof Dr Ir Muh Restu MP ini, digelar secara luring terbatas di Auditorium Prof A Amiruddin, Fakultas Kedokteran Unhas, Makassar, Jumat.

Rektor Unhas Prof Dwia yang menyambut gembira kehadiran para mahasiswa Program MBKM di Unhas, menyampaikan kebanggaannya kepada mahasiswa yang hadir dari seluruh pelosok Nusantara.

“Suatu karunia yang luar biasa, kalian adalah calon pemimpin bangsa yang akan memberikan motivasi kepada generasi berikutnya," ujarnya.

"Satu bulan mendatang, kalian akan menjalankan perkuliahan dengan suasana baru yang dirasakan dari kampus kalian sebelumnya. Maka nikmatilah waktu kalian dengan segala aktivitas yang bermanfaat karena kalian adalah benteng NKRI,” lanjutnya.

Prof Dwia sekaligus menitipkan harapan besar kepada mahasiswa sebagai putra-putri kebanggaan nusantara untuk dapat mengembangkan karakter Pancasilais, religius, humanis dan memiliki sikap toleransi. Hal tersebut sejalan dengan predikat Unhas sebagai kampus humaniversity.

“Anak-anakku, manfaatkanlah waktu kalian untuk mencari segala kebutuhan informasi pengetahuan yang kalian inginkan, jangan sia-siakan kesempatan ini,"jelasnya.

"Program MBKM telah memberikan kalian kesempatan untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus kalian. Maka perluaslah jejaring pertemanan untuk saling bertukar gagasan dan ide-ide kreatif,” kata dia lagi.

Sementara Prof Muh Restu, menyampaikan peserta pertukaran mahasiswa merdeka yang didukung oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI ini, berasal dari 27 perguruan tinggi di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

“Penerimaan pertukaran mahasiswa pada semester awal tahun ajaran 2021/2022 saat ini baru diselenggarakan. Unhas telah menetapkan kebijakan proses perkuliahan secara tatap muka," ujarnya.

Setelah sambutan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyematan simbol penerimaan mahasiswa yang dilakukan dengan pemberian Kartu Tanda Mahasiswa kepada beberapa perwakilan dari universitas.

Adapun rincian Mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa MBKM di Universitas Hasanuddin Tahun Ajaran 2021/2022, yakni:

1. Universitas Jambi, 1 mahasiswa
2. Universitas Lampung, 1 mahasiswa
3. Universitas Malikussaleh, 3 mahasiswa
4. Universitas Muhammadiyah Bengkulu, 1 mahasiswa
5. Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung, 1 mahasiswa,
6. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2 mahasiswa
7. Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, 1 mahasiswa
8. Universitas Negeri Medan, 8 mahasiswa
9. Universitas Negeri Padang, 2 mahasiswa
10. Universitas Samudra, 4 mahasiswa,
11. Universitas Sebelas Maret, 1 mahasiswa
12. Universitas Siliwangi, 1 mahasiswa
13. Universitas Singaperbangsa Karawang, 2 mahasiswa
14. Universitas Slamet Riyadi, 1 mahasiswa
15. Universitas Sriwijaya, 27 mahasiswa,
16. Universitas Stikubank, 3 mahasiswa
17. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 14 mahasiswa
18. Universitas Sumatera Utara, 20 mahasiswa
19. Universitas Swadaya Gunung Djati, 3 mahasiswa
20. Universitas Syiah Kuala, 12 mahasiswa,
21. Universitas Teknokrat Indonesia, 3 mahasiswa
22. Universitas Tidar, 4 mahasiswa
23. Universitas Tribhuwana Tungga Dewi, 1 mahasiswa,
24. Universitas Trisakti, 1 mahasiswa
25. Universitas Trunojoyo, 19 mahasiswa
26. Universitas Veteran Bangun Nusantara, 4 mahasiswa
27. Universitas Wijaya Putra, 3 mahasiswa.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024