Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, membuka gerai vaksin COVID-19 di pelataran Tugu Bambu Runcing, Pangkajene, Kabupaten Pangkep.

"Gerai layanan vaksinasi untuk masyarakat Pangkep ini, salah satu upaya untuk percepatan vaksinasi COVID-19," kata Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) saat meresmikan gerai vaksinasi hebat disaksikan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat, Selasa (16/11/21).

Gerai layanan vaksinasi hebat untuk masyarakat Pangkep ini, sengaja didirikan di tempat strategis, agar mudah dijangkau oleh masyarakat, serta jam layanan yang lebih lama mulai pukul 08.30-21.00 WITA setiap hari.

"Masyarakat yang ada kesibukan saat jam kerja, dapat mengakses layanan ini sore dan malam hari," kata MYL.

Bupati berharap dengan adanya gerai vaksin ini semua kalangan lebih mudah untuk vaksinasi. Dengan capaian vaksinasi, dan cakupan yang lebih banyak dapat segera terbentuk kekebalan kelompok (Herd Imunity).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pangkep Herlina mengatakan saat ini vaksinasi COVID-19 di Pangkep sudah mencapai 43,29 persen untuk dosis pertama sementara untuk dosis kedua 22,24 persen.

Diharapkan, dengan adanya gerai vaksin ini masyarakat lebih mudah untuk vaksinasi.

Gerai vaksinasi di bambu runcing sudah berjalan sejak kemarin, Senin 15 Nopember.

Antusias masyarakat pun sangat tinggi hari pertama sebanyak 103 orang ikut vaksinasi.

"Semoga setiap hari ada peningkatan dan pada Desember 2021 tercapai 70 persen," katanya.

Diakuinya, beberapa bulan lalu sangat sulit diperoleh dosis vaksin, namun saat ini sudah banyak dosis vaksin yang didistribusi dari Dinkes Provinsi Sulsel

Menurutnya, selain gerai vaksinasi di bambu runcing semua layanan fasilitas kesehatan juga melaksanakan vaksinasi yakni dua rumah sakit dan 23 Puskesmas, termasuk klinik PT Semen Tonasa, Polres dan Kodim.

"Harapan kita bersama, ayo kita mengajak masyarakat untuk vaksin agar kita bisa terlindung. Jangan takut vaksin, karena vaksin aman dan halal," tambahnya.(*/Inf)

Pewarta : Redaktur Makassar
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024