Mamuju (ANTARA News) - Mantan Gubernur Provinsi Gorontalo, Fadel Muhammad, mengakui Provinsi Sulawesi Barat lebih maju dan berkembang pesat dibandingkan Provinsi Gorontalo.

"Meski Provinsi Sulbar dan Gorontalo sama-sama daerah pemekaran baru di Indonesia, dan sama-sama berkembang namun perkembangun pembangunan di Sulbar lebih maju dan pesat dibandingkan Provinsi Gorontalo," kata Fadel Muhammad yang kini menjabat sebagai Mentri Kelautan dan Perikanan (KKP), saat berada di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan, pertumbuhan ekonomi Sulbar yang mencapai 15.1 persen ditahun 2010 dan mengantarkan Sulbar menjadi daerah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia, mengungguli pertumbuhan ekonomi Provinsi Gorontalo yang dimekarkan dari Provinsi induknya Provinsi Sulawesi Utara sejak tahun 2001.

"Pertumbuhan ekonomi Provinsi Gorontalo sekitar 7.8 persen, lebih dibawah dari pertumbuhan ekonomi Sulbar yang luar biasa dan fantastis meski pertumbuhan ekonomi Gorontalo lebih diatas dari pertumbuhan ekonomi nasional sekitar 6.4 persen,"katanya.

Oleh karena itu ia juga mengakui kepiawaian Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh, dalam memimpin Sulbar selama hampir lima tahun yang membawa Sulbar daerah pemekaran Provinsi Sulawesi Selatan sejak tahun 2004 mampu berkembang pesat.

"Luar biasa Anwar Adnan Saleh membangun daerahnya hingga bisa maju seperti ini dengan melampaui Gorontalo yang sedikit lebih tua, Anwar melakukan pembangunan sejumlah infrastruktur seperti jalan nasional sepanjang 577 kilometer membangun bandara dan pelabuhan di Mamuju hingga memadai dari sebelumnya dan menjadi akses pendukung peningkatan ekonomi masyarakat,"katanya.

Ia berharap masyarakat Sulbar tetap mendukung kepemimpinan Anwar Adnan Saleh agar dapat bekerja maksimal lagi membangun daerahnya agar lebih maju dan pesat lagi dari apa yang diraih sekarang ini.

"Anwar Adnan Saleh mesti dipertahankan kepemimpinannya dalam membangun Sulbar, dia mesti diberikan kesempatan kembali memimpin Sulbar yang kedua kalinya agar pembangunan dapat lebih maksimal lagi di Sulbar dan terus meningkat dimasa mendatang," katanya. (T.KR-MFH/E001)

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024