Makassar (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) segera berkolaborasi dengan Inisiasi Zakat Indonesia (IZI) Sulsel untuk mengembangkan zakat di Sulawesi Selatan.

Kolaborasi ini ditandai dengan kunjungan pihak FEBI UIN Makassar ke Kantor IZI Sulsel di Makassar, Jumat yang diwakili  Ketua Jurusan Akuntansi Memen Suwandi, SE, M.Si bersama Ketua Jurusan Manajemen  Dr Rika Dwi Ayu Parmitasari S.E. M.Com,  Sekretaris Jurusan Akuntansi Dr Lince Bulutoding S.E, M.Si.Ak dan Sekretaris Jurusan Ekonomi Islam Ayu Ruqayyah Yunus, S.EI., M.E.K.

Memen Suwandi menyampaikan bahwa kunjungan kali ini membahas  kerja sama pengembangan sinergi pengelolaan zakat di tingkat fakultas.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar terdiri atas jurusan Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Islam, Ilmu Ekonomi, dan Perbankan Syariah.

"Sebelumnya kerja sama ini sudah dilakukan di tingkat universitas namun masih bersifat umum," ujarnya.

Maka pembahasan tentang kerja sama ini kembali digelar sebagai lanjutan dari pertemuan IZI Sulsel dengan jurusan Perbankan Syariah.

Dalam pertemuan yang diwakili oleh tiga jurusan tersebut yakni Ekonomi Islam, Manajemen, dan Akuntansi dibahas bahwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam akan melibatkan mahasiswa di berbagai program IZI serta menyediakan fasilitas teknologi informasi untuk mendukung pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kepala Perwakilan IZI Sulsel Arman mengatakan bahwa kerja sama ini didasarkan atas kesamaan program oleh kedua belah pihak.

"Kita ingin meningkatkan literasi zakat, kontribusi di bidang ekonomi, keuangan, perbankan syariah pada peningkatan daya saing ekonomi yang inovatif dan kreatif nasional," ungkapnya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024