Makassar (ANTARA) - Empat Bupati di Sulawesi Selatan menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan pihak Universitas Muhammadiyah Makassar pada Mukhtamar MUhammadiyah dan Milad Muhammadiyah Sulsel.

"Selain menghadiri milad, keempat bupati tersebut juga hadir untuk menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Muhammadiyah, dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat," kata Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Prof Ambo Asse disela Milad Muhammadiyah Sulsel di Makassar, Sabtu.

Keempat bupati itu adalah Bupati Maros AS Chaidir Syam, Bupati Enrekang Muslimin Bando, Bupati Wajo Amran Mahmud, dan Bupati Jeneponto Iksan Iskandar.

Selain dengan bupati asal Sulsel itu, lanjut Ambo Asse, penandatanganan MoU juga dilakukan dengan dengan Rektor Universitas Tadulako, Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Kepala BKKBN Sulsel, dan Ketua DPD IMM Sulsel.

Menurut dia, Milad Muhammadiyah kali ini terasa istimewa, karena merupakan perhelatan yang pertama kali digelar oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel secara luring, setelah masuknya pandemi COVID-19 di Indonesia.

Pada peringatan Milad Muhammadiyah Sulsel ke-109, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel ini menggambarkan dinamika dakwah yang dilakoni persyarikatan di daerah ini.

Salah satu dinamika itu adalah perkembangan jumlah pesantren Muhammadiyah. Pada awal kepemimpinannya pada tahun 2015, jumlah pesantren Muhammadiyah hanya 12 buah, sementara saat ini sudah berjumlah 28 buah yang tersebar di berbagai daerah di Sulsel.

"Jika periode lalu, hanya ada Universitas Muhammadiyah Makassar dan Universitas Muhammadiyah Parepare, maka periode ini ada enam Universitas baru," jelasnya.

Keenam Universitas tersebut merupakan peleburan dan perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Muhammadiyah yakni Universitas Muhammadiyah Sidrap, Universitas Muhammadiyah Palopo, Universitas Muhammadiyah Bone, Universitas Muhammadiyah Enrekang, Universitas Muhammadiyah Bulukumba, dan Universitas Muhammadiyah Sinjai.
  Suasana perayaan milad Muhammadiyah Sulsel ke-109 dengan pidato sambutan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Prof Ambo Asse pada  Milad Muhammadiyah Sulsel di Makassar, Sabtu (27/11/2021). Antara / HO - Unismuh Makassar
 

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024