Makassar (ANTARA) - Lembaga Kedokteran Gigi (Ladokgi) TNI AL Yos Sudarso bersama Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI) Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) mengagendakan bakti sosial guna memperingati Hari Disabilitas Internasional 3 Desember 2021.

Komandan Pangkalan Utama (Danlantamal) VI Laksamana Pertama (Laksma) TNI Benny Sukandari saat menerima kunjungan Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin Prof Dr drg Hasanuddin Sp.Perio, Rabu, mengatakan bakti sosial (baksos) yang akan digelarnya bersama IDGAI itu merupakan bagian dari wujud pengabdian kepada masyarakat.

"Ini adalah salah satu wujud dari pengabdian masyarakat. TNI akan selalu bersama dengan rakyat dan mendukung semua program pemerintah termasuk upaya-upaya pengabdian dari perguruan tinggi," ujarnya.

Laksma Benny menyatakan kunjungan guru besar FKG Unhas itu juga akan mempererat silaturahmi dengan Lantamal VI terutama RSGM Ladokgi Yos Sudarso pada bidang kesehatan.

Ia mengakui Rumah Sakit Gigi Mulut (RSGM) Ladokgi Yos Sudarso saat ini telah dilengkapi dengan alat-alat modern untuk mengatasi penyakit yang berkaitan dengan gigi dan mulut.

"Jadi diharapkan dengan adanya kerja sama yang terjalin ini dapat saling mengisi dan membantu demi tercapainya tujuan dari FKG dan RSGM Unhas serta sesuai dengan SOP dari Ladokgi Yos Sudarso Makassar," katanya.

Laksma TNI Benny Sukandari berjanji akan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan bakti sosial tersebut demi membantu masyarakat umum. Pihaknya pun telah memerintahkan Kaladokgi TNI AL Yos Sudarso Makassar untuk mempersiapkan semua teknis pelaksanaannya.

"Kami akan mendukung pelaksanaan kegiatan bakti sosial itu dan silakan berkoordinasi dengan Kaladokgi TNI AL Yos Sudarso Makassar untuk teknis pelaksanaannya," katanya.

Guru besar FKG Unhas rof Dr drg Hasanuddin Sp Perio menjelaskan baksos memperingati Hari Disabilitas Internasional 2021 akan melibatkan Perhimpunan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik (Perdosri) Wilayah Sulawesi dan Papua serta Komunitas Orang tua Anak dengan Down Syndrome (KOADS).

Pelaksanaan bakti sosial akan mulai dilaksanakan pada 4 Desember 2021 di RSGM Ladokgi TNI AL Yos Sudarso Makassar. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan adalah pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, aplikasi fluorida topikal, edukasi kesehatan gigi dan mulut kepada orang tua anak down syndrome serta pemeriksaan fungsional dan skrining kelainan postur pada anak-anak down syndrome.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024