Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mamuju telah menganggarkan Rp7 miliar untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Barat tahun 2022.

"Pemerintah Kabupaten Mamuju telah menyiapkan anggaran Rp7 miliar untuk perbaikan sejumlah sarana dan prasarana serta biaya untuk pelaksanaan pekan olahraga tersebut," kata Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi di Mamuju, Rabu.

Selain itu, tambahnya, pelaksanaan Porprov 2022 juga mendapatkan dukungan anggaran dari Pemerintah Provinsi Sulbar melalui sharing anggaran Rp10 miliar.

"Jika sharing anggaran dari provinsi dapat cepat terealisasi pada semester awal, kita targetkan pada Oktober 2022 semua sarana dan prasarana akan selesai, dan akhir tahun Porprov akan siap kita gelar," ucap Sitti Sutinah Suhardi.

Terkait target, Sitti Sutinah Suhardi optimistis Kabupaten Mamuju sebagai tuan rumah pelaksanaan Porprov Sulbar 2022 dapat keluar sebagai juara umum.

"Saya optimistis Mamuju akan mampu menjadi juara umum, dengan pertimbangan adanya dukungan supporter, maupun kesiapan sejumlah cabang olah raga yang diunggulkan," kata Sitti Sutinah Suhardi.

Sementara, salah seorang anggota DPRD Mamuju Febrianto Wijaya mengatakan, pekan olahraga provinsi adalah tantangan sekaligus peluang bagi Kabupaten Mamuju,

Tantanganny,  lanjut Febrianto Wijaya, adalah daerah itu harus menyiapkan sarana dan prasarana olahraga yang dibutuhkan di tengah kondisi APBD Mamuju yang banyak terkuras membiayai perbaikan infrastruktur yang lain.

Sedangkan peluangnya, kata Febrianto Wijaya, adalah ajang ini dapat menjadi sarana promosi daerah yang efektif karena Mamuju akan dikunjungi banyak orang, sehingga akan mampu menjadi ruang untuk memperkenalkan kekayaan wisata ibukota Provinsi Sulbar tersebut.

"Kabupaten Mamuju harus mampu menangkap peluang ini dan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah saja, melainkan semua elemen masyarakat dan pihak swasta harus dapat terlibat dan memberi kontribusi sekecil apapun, sehingga perhelatan ini dapat terlaksana dengan baik," tutur Febrianto Wijaya.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024