Makassar (ANTARA) - Dompet Dhuafa Cabang Sulawesi Selatan menyalurkan dana sebesar Rp5,9 miliar yang dihimpun dari masyarakat untuk penerima manfaat program sebanyak 46.786 jiwa pada 2021.

Hal itu dikemukakan Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sulsel Rahmat Hidayat HM di sela-sela pemaparan kinerja DD jelang akhir 2021 di Macanda, Kabupaten Gowa, Sulsel, Selasa.

Adapun rincian penerima program pendidikan 48 jiwa, kesehatan dengan jumlah 2,270 jiwa, ekonomi pemberdayaan 240 jiwa, kebencanaan 27.579 jiwa, dakwah 811 jiwa, layanan Mustahik 783 Jiwa, tebar hewan kurban 3.328 jiwa, dan manfaat program Ramadhan 11.727 jiwa.

Laporan tersebut menyoroti kegiatan-kegiatan utama di berbagai wilayah, seperti Aksi Indonesia Siap Siaga Gempa yang terjadi pada bulan Januari lalu di Sulawesi Barat dan pada Desember 2021 di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.
 
Sedangkan pada bulan Februari terdapat program dakwah Dauroh Muwajjih FHQ Gowa, Makassar dan Pangkep lalu ada penyerahan Etalase Ikan Kering Bersama PLN Peduli.

Terdapat pula Pelatihan Penanggulangan Bencana DD Sulsel Surandar, Maros Monitoring Perahu Dakwah Dompet Dhuafa, Kabupaten Pangkep, Respon Banjir Makassar dan Berbagi Sembako untuk Dhuafa dan Anak Yatim bersama YBM PLN yang diprogramkan pada bulan Maret. 

Kemudian pada bulan April hingga Mei di bulan Ramadhan, DD Sulsel berfokus pada program dakwah selama ramadhan diantaranya Ekspedisi Ramadhan, Dapur Ramadhan Untuk Korban Gempa Sulbar, Kegiatan Dai Pedalaman Ramadhan, Ramadhan Virtual Festival, Kado Guru Ngaji dan Anak Yatim, hingga Tebar Zakat Fitrah.

Pada tahun ini juga, Dompet Dhuafa hadir dengan berbagai program baru yang dijalankan pada bulan Agustus, September, Oktober, November dan Desember diantaranya yaitu Monitoring Perahu Dakwah, School of Master Teacher Bone, Program Pengenalan Produk Pemberdayaan Kopi Letta, Layanan Ambulance Gratis Jemputan Pasien, Launching Kampung Qur’an Jeneponto, perekrutan dan pelatihan Mitra Pengelola Zakat (MPZ) DD Sulsel, dan Layanan Shelter Rumah Singgah Pasien.
  Para penerima manfaat disela pemaparan kinerja DD jelang akhir 2021 di Macanda, Kabupaten Gowa, Sulsel, Selasa (28/12/2021). Antara/ HO- DD Sulsel

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024